Penyakit Cacar Monyet

Satu Pasien Cacar Monyet Suspek di Jawa Tengah, BPOM Bakal Beri Izin Edar Vaksin Monkeypox?

Meningkatnya kasus monkeypox ditingkat global membuat Indonesia juga turut waspada. Belakangan ada yang suspek. BPOM bakal izin vaksin monkeypox?

rte.ie
Roche mengklaim berhasil menemukan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat mendeteksi penyakit cacar monyet (Monkeypox), saat virus itu menyebar ke luar dari negara endemik.Meningkatnya kasus monkeypox ditingkat global membuat Indonesia juga turut waspada. Belakangan ada yang suspek. BPOM bakal izin vaksin monkeypox? 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Meningkatnya kasus monkeypox ditingkat global membuat Indonesia juga turut waspada. Bahkan di Indonesia belakangan ada yang suspek (terindikasi) tertular cacar monyet.

Namun sampai saat ini di Indonesia belum ada satupun vaksin cacar monyet yang mendapat izin edar BPOM.

Menyoal ini Ketua BPOM Penny K Lukito, menyebut, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan evaluasi pada vaksin cacar monyet, jika ada permintaan dari industri farmasi.

Baca juga: Monkey Pox Jadi Darurat Global, Pakar: Perlu Tingkatkan Kewaspadaan Nasional

"Jika ada industri yang akan mendaftarkan tentu BPOM terbuka untuk mengevaluasi dalam rangka memberikan izin edar penggunaanya," kata Penny saat dikonfirmasi, Rabu (3/8/2022).

Sebelummya, Ketua Satgas Monkeypox atau cacar monyet Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Hanny Nilasari SpKK mengaku, ada dua permintaan terkait vaksin cacar monyet dari kelompok gay.

Hanny mengatakan, mereka memiliki kekhawatiran dan merasa lebih berisiko terpapar cacar monyet, lantaran banyak kasus dilaporkan di dunia terjadi pada kelompok tersebut.

"Sudah ada dua orang yang menghubungi saya menanyakan vaksinasi sebelum mereka kemungkinan tertular, karena merasa sangat berisiko," katanya dalam webinar PB IDI, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Cacar Monyet Sebabkan Kematian di India, Bagaimana Pencegahan Monkeypox di Indonesia?

Namun ia mengatakan, sampai saat ini belum ada satupun rekomendasi vaksin yang diterbitkan oleh Badan POM RI.

"Tetap diketahui vaksin monkeypox ini belum diapprove oleh BPOM RI, meskipun sudah ada rekomendasi dari CDC dan WHO," tambahnya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved