Mengenal Mythomania, Kebohongan yang Membuat Seseorang Jadi 'Pahlawan atau Korban'

Kebohongan patologis yang juga diketahui sebagai mythomania dan pseudologia fantastica merupakan perilaku kronis dari kebohongan kompulsif.

People Development Magazine
Lima zodiak ini dikenal sebagai pembohong handal. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebohongan patologis yang juga diketahui sebagai mythomania dan pseudologia fantastica merupakan perilaku kronis dari kebohongan kompulsif atau kebiasaan.

Tipe kebohongan ini tidak seperti kebohongan putih yang hanya sesekali diucapkan hanya untuk menghindari tindakan menyakiti perasaan seseorang atau mendapatkan masalah.

Baca juga: 4 Kebohongan Ferdy Sambo hingga Akhirnya Ditetapkan jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Meskipun kebohongan patologis telah dikenal selama lebih dari satu abad, belum ada definisi universal yang jelas tentang kondisi tersebut.

Dikutip dari laman Healthline, Selasa (16/8/2022), beberapa kebohongan patologis dapat disebabkan oleh kondisi mental, seperti gangguan kepribadian antisosial yang terkadang disebut sosiopatik, sedangkan yang lainnya tampaknya tidak memiliki alasan medis untuk menjadi landasan perilaku tersebut.

Lalu bagaimana mendefinisikan pembohong patologis?

Pembohong patologis adalah seseorang yang berbohong secara kompulsif.

Meskipun ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab dilakukannya kebohongan patologis, namun hingga kini 'alasan mengapa seseorang berbohong menggunakan cara ini' pun masih belum bisa dipahami.

Beberapa kebohongan tampaknya disampaikan untuk membuat pembohong patologis tampak seperti 'pahlawan' atau mendapatkan penerimaan maupun simpati.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 tentang apa yang terjadi pada otak saat anda berbohong menemukan bahwa 'semakin banyak ketidakbenaran yang dikatakan seseorang, maka semakin mudah dan semakin sering ia berbohong'.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved