Jangan Mencuci Telur Setelah Dibeli, Begini Alasannya

Menurut dr Yohan, kalau dicuci risikonya telur bisa lembab. Sehingga telur cepat membusuk. Jadi kalau tetap ingin telur bersih, maka disarankan dilap

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pedagang menata telur jualannya di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022). Punya kebiasaan mencuci telur setelah beli dari warung atau toko? Mungkin sudah saatnya Anda untuk berpikir ulang meneruskan kebiasaan ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Punya kebiasaan mencuci telur setelah beli dari warung atau toko? Mungkin sudah saatnya Anda untuk berpikir ulang meneruskan kebiasaan ini.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dr. Yohan Samudra Sp GK AIFO-K, memang ada kebiasaan seperti itu. Telur yang baru saja dibeli di warung tidak bersih, sehingga mencoba untuk dibersihkan dengan cara dicuci.

"Sebetulnya telur tidak boleh dicuci. Kalau beli, langsung simpan di tempat aman. Agar tidak langsung terkena sinar matahari. Letakkan pada suhu yang adem, boleh di kulkas," ungkapnya pada kanal YouTube RS Premier Bintaro, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Adakah Dampak Bagi Kesehatan Jika Makan Telur Mentah? Begini Kata Ahli

Menurut dr Yohan, kalau dicuci, risikonya telur bisa lembab. Sehingga telur cepat membusuk. Jadi kalau tetap ingin telur bersih, maka disarankan untuk dilap saja, kemudian disimpan.

Disimpan di kulkas tidak masalah. Atau, diletakkan pada suhu ruangan juga tidak mengapa.

Lebih lanjut, dr Yohan menyarankan untuk meletakkan telur di wadah tersendiri. Kalau, masih ada rasa khawatir telur terkontaminasi dengan makanan lain.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved