Breaking News:

MPASI Boleh Diberikan pada Bayi Sebelum Usia 6 Bulan, Namun Ada Syaratnya

Ada beberapa indikasi yang membuat anak diperbolehkan untuk mendapatkan MPASI lebih awal.

Editor: Willem Jonata
Shutterstock
Pemberian MPASI organik untuk bayi seperti bubur organik dan camilan organik, dapat memberikan banyak manfaat untuk bayi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Makanan Pendamping ASI (MPASI) dianjurkan diberikan saat buah hati telah menginjak usia enam bulan.

Namun, apakah boleh memberikan MPASI sebelum anak berusia enam bulan. 

Ternyata hal ini diperbolehkan. Diungkapkan oleh Dokter spesialis anak, dr. Reza Abdussalam di Jakarta Barat, Rabu (15/9/2022).

"Boleh, tapi harus ada indikasi. Jangan buru-buru diberikan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokternya. Untuk meyakinkan apakah anak bisa dapat MPASI lebih awal atau tidak," ungkapnya di Jakarta Barat, Rabu (14/9/2022).

Ada beberapa indikasi yang membuat anak diperbolehkan untuk mendapatkan MPASI lebih awal. Pertama, adalah melihat kenaikan berat badan. 

"Kenaikan berat badan seret atau tidak. kalau tidak capai target, bisa dimajukan. Akan tetapi harus ada tanda-tanda kesehatan fisik,"tegasnya.

Baca juga: Cegah Stunting, Ketahui Nutrisi Wajib dalam MPASI untuk Anak

Pertama, leher harus tegak. Memang usia enam bulan bayi saat duduk masih dibantu. Tapi yang diharapkan adalah leher sudah harus tegak.

Kedua, menjulurkan lidah jauh berkurang. Ketiga, anak semakin kencang menyusui dan cepat bertambah haus dan lapar. Keempat, kalau ibu atau ayah sedang makan, anak mengeluarkan reaksi mengecap. 

"Itu tanda anak ingin makanan ayah dan ibu. Situasi di atas, dianggap jika anak telah siap diberikan makanan pendamping," paparnya lagi. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved