Breaking News:

Dirjen Hubla: Kami Terus Berupaya Jamin Kelancaran Logistik Nasional di Masa Pandemi Covid-19

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengambil langkah-langkah guna menjamin pasokan logistik nasional

Ditjen Perhubungan Laut
Diskusi Online Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) di Jakarta, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Posisi geografis negara Indonesia sebagai negara kepulauan menjadikan peran transportasi laut begitu sangat strategis karena mobilitas manusia dan barang dari satu pulau ke pulau lain sebagian besar menggunakan transportasi laut dengan menggunakan kapal.

Meskipun bangsa Indonesia masih harus menghadapi masa pandemi covid-19, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus berupaya menjamin kelancaran pasokan logistik nasional terutama untuk barang komoditas bahan pokok dan barang strategis lainnya melalui transportasi laut bahkan sampai di daerah Terdepan, Terpencil, Tertinggal dan Perbatasan (3TP).

Semua ini tentunya dalam rangka mendukung tetap berjalannya roda perekonomian secara nasional.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengambil langkah-langkah guna menjamin pasokan logistik nasional tepat berjalan lancar.

Beberapa langkah tersebut antara lain salah satunya dengan tetap mengoperasikan pelabuhan dan pelayaran, khususnya bagi kapal kargo atau barang dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran dan memastikan setiap individu yang terlibat dalam kegiatan logistik tersebut tetap menerapkan protocol kesehatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, manyampaikan bahwa sesuai arahan Bapak Presdien RI Joko Widodo dan Menteri Perhubungan meskipun bangsa Indonesia masih harus menghadapi pandemi covid-19 namun perekonomian tidak boleh berhenti.

“Kita harus tetap berupaya agar perekonomian nasional tetap berjalan dengan baik dengan terus melanjutkan pembangunan di segala bidang di tengah keterbatasan, termasuk di sektor transportasi laut dalam menjamin kelancaran logistik nasional ke seluruh penjuru wilayah nusantara,” ujar Dirjen Agus pada saat menjadi Keynote Speaker secara virtual pada acara Diskusi Online Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, pengoperasian pelabuhan menjadi salah satu kunci kelancaran logistik secara nasional. Dalam operasionalnya, semua pelabuhan harus tetap menerapkan Standard Operational Prosedur (SOP) berdasarkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Dengan demikian, semua pelabuhan di Indonesia siap memberikan pelayanan terbaik khususnya bagi kapal-kapal yang mengangkut bahan pokok dan logistik lainnya sehingga pasokan logistik melalui transportasi laut tetap terjamin dengan baik dan lancar.

Dalam melihat kondisi ini, kata Dirjen Agus, pihaknya menekankan sekali kepada kawan-kawan di seluruh Ditjen Perhubungan Laut supaya dengan situasi sekarang tetap bisa mendorong kemudahan-kemudahan supaya seluruh angkutan logistik bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved