Breaking News:

Pelabuhan Tarakan Siap Hadapi Musim Liburan Natal dan Tahun Baru 2021

Kementerian Perhubungan terus mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik menjelang masa liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mendatang.

dok. Kemenhub
Apel Kesiapan Angkutan Laut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diselenggarakan Kamis (17/12) pagi di Pelabuhan Tarakan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa angkutan laut menjelang masa liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mendatang.

Salah satunya dengan menggelar Posko Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 baik secara terpadu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, dan juga di Pelabuhan-Pelabuhan, seperti yang dilaksanakan juga di Pelabuhan Tarakan.

Pada acara Apel Kesiapan Angkutan Laut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diselenggarakan pada Kamis (17/12) pagi, Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Capt. Moh. Hermawan, menyampaikan bahwa Pelabuhan Tarakan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada masa angkutan laut Natal dan Tahun Baru ini.

Hermawan menyatakan, bahwa menghadapi masa angkutan laut Natal dan Tahun Baru ini, pihaknya juga telah melaksanakan uji petik kepada semua kapal yang ada di Tarakan, baik kapal milik PT. Pelni, Kapal ASDP, serta speed boat reguler yang melayari antar Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara.

“Kita lakukan uji petik ini bukan hanya untuk memastikan penyelenggaraan angkutan laut yang selamat, namun juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang,” ujar Hermawan.

Pada acara Apel yang digelar sesuai Instruksi Dirjen Hubla nomor : IM.1 Tahun 2020 tanggal 11 Nov 2020 tentang Persiapan penyelenggaraan angkutan laut Natal 2020 dan Tahun baru 2021 ini, Hermawan meminta kepada seluruh jajaran dan para stakeholder untuk memperkuat sinergi dan saling mendukung dalam pelaksanaannya, antara lain dengan tetap mematuhi dan juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Yang harus dijaga adalah bagaimana kita menjalankan transportasi dengan selamat, aman, dan juga berwawasan kesehatan. Penting bagi kita dan seluruh pengguna jasa untuk mematuhi dan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan. Selalu lakukan gerakan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tegas Hermawan.

Lebih lanjut, Hermawan juga menyampaikan pesan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut kepada seluruh jajarannya yang bertugas di lapangan untuk senantiasa memberikan pelayanan prima dengan hati yang tulus dan ikhlas serta profesionalisme. Ia menyatakan, KSOP Kelas III Tarakan senantiasa melakukan peningkatan dan perbaikan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Menurut Hermawan, sesuai arahan Dirjen Perhubungan Laut, pihaknya terus meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana Pelabuhan, termasuk di antaranya pelayanan tiket berbasis elektronik atau E-Ticketing yang menjadi salah satu terobosan Ditjen Perhubungan Laut untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dan praktik percaloan.

“Oleh karena itu, dengan semua persiapan yang telah dilakukan, kami berharap Angkutan Laut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini dapat berjalan dengan aman, selamat, tertib dan lancar, dan yang tidak kalah penting berwawasan kesehatan,” tutup Hermawan. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved