Breaking News:

Sippa Dhamma Samajja ke-8 Digelar Secara Hybrid, Angkat Tema “Modern dan Nasionalis”

Sippa Dhamma Samajja ke-8 ini digelar di Swiss Bellin, Pekanbaru Provinsi, Riau pada tanggal 21-25 Juni 2021.

Editor: Content Writer
Istimewa
Pembukaan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021, Selasa (22/6/2021) 

TRIBUNNEWS.COM - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama (Ditjen Bimas Buddha Kemenag) kembali menyelenggarakan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021 dengan tema “Moderat dan Nasionalis”.   

Tema “Moderat dan Nasionalis” dipilih untuk mendorong siswa agama Buddha agar menjadi warga yang harmonis, hidup saling berdampingan, mampu menghargai perbedaan, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.   

Sippa Dhamma Samajja ke-8 ini digelar di Swiss Bellin, Pekanbaru Provinsi, Riau pada tanggal 21-25 Juni 2021.

Event nasional tiga tahunan ini merupakan wadah bagi siswa-siswi agama Buddha tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) se-nasional untuk unjuk gigi kreativitas, keterampilan, kemahiran, dan keahlian dalam Dhamma.

“Sebagai sarana untuk meningkatkan potensi peran siswa siswi Buddha melalui kreativitas, keterampilan kemahiran, dan keahlian dalam Dhamma,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia Caliadi, diambil dari live streaming Pembukaan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021 yang diunggah Selasa (22/6/2021).

Sementara itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga turut mengapresiasi penyelenggaraan acara Sippa Dhamma Samajja ke-8 tersebut. Menurut Yaqut, acara ini merupakan cara agar para peserta didik mampu menjadi pribadi yang berkarakter sekaligus menghargai setiap perbedaan yang ada.

“Memperkuat keyakinan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus mampu meningkatkan kualitas diri sebagai manusia yang berkarakter, mampu bekerja sama, berjiwa nasionalis, dan dapat menghargai setiap perbedaan. Tingkatkan terus prestasi untuk menjaga negeri kita tercinta Indonesia,” kata Yaqut.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia Caliadi
Tangkapan layar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia Caliadi dalam sambutannya di Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021, Selasa (22/6/2021).

Dalam Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021, ada beberapa kategori bidang yang diperlombakan, yakni Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha) Putra dan Putri, Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhamma Vikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Membaca Syair), Dhammakatha (Pidato Buddhis), dan Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis).

Para peserta dari perwakilan sekolah di 34 provinsi tersebut memperebutkan piala bergilir Menteri Agama dari berbagai kategori yang dilombakan.

Selain sebagai kompetisi siswa sekolah dan ajang mempererat toleransi, Menag mengatakan acara tersebut juga sebagai ajang evaluasi bagi guru dalam membentuk karakter peserta didik.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved