Breaking News:

Kolaborasi Sediakan Fasilitas Isolasi Terkendali bagi Pasien COVID-19

Bagi sebagian pasien terpapar COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan, sulit untuk memenuhi kriteria isolasi mandiri di rumah.

TRIBUNNEWS.COM – Isolasi mandiri tampaknya mudah dilakukan, namun terdapat sejumlah protokol kesehatan dan kriteria minimal jika hendak melakukan isolasi mandiri di rumah. Bagi sebagian pasien terpapar COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan, sulit untuk memenuhi kriteria isolasi mandiri di rumah.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat dan pengusaha hotel/wisma bekerja sama menyediakan fasilitas isolasi terkendali, agar isolasi dapat dilakukan secara tepat, sehingga pasien pun dapat lekas pulih dari COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan bahwa pasien wajib untuk melakukan isolasi terkendali di tempat yang disediakan pemerintah, jika kediamannya tidak layak untuk isolasi mandiri.

"Itu bertujuan untuk mencegah penularan virus ke orang-orang di lingkungannya. Pasien terkonfirmasi COVID-19 yang menolak dirujuk, akan dilakukan penjemputan paksa sesuai ketentuan yang berlaku," katanya, pada Senin (9/11/2020).

Lebih lanjut, Widyastuti memaparkan, terdapat tiga lokasi isolasi terkendali yang tengah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta beserta kapasitasnya, yaitu:

1.       Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara, berkapasitas 52 kamar dengan 120 tempat tidur;

2.       Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, berkapasitas 48 kamar dengan 125 tempat tidur;

3.       Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, berkapasitas 66 kamar dengan 152 tempat tidur.

Untuk saat ini, pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dirujuk ke fasilitas isolasi terkendali yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, antara lain:

1.       Fasilitas Isolasi Mandiri Kemayoran Tower 4 dan 5, berkapasitas 3.116 kamar;

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved