Breaking News:
Depkop

Percepatan Transformasi Digital, Ditjen SDPPI Emban Peran Strategis di Masa Pandemi

Ketika aktivitas berpindah ke ruang digital ada beberapa hal yang menjadi syarat dan tantangan transformasi digital

olan/Tribunnews.com
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo, Ismail, berbicara secara virtual dalam Focus Group Discussion (FGD) DPPI Ditjen Kemenkominfo, di Hotel Santika Premier, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (26/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN – Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan hidup masyarakat.

Hal itu termasuk berubahnya aktivitas dari tatap muka secara langsung menjadi interaksi ke ruang digital.

Dari aspek ini, pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk melakukan percepatan transformasi digital.

Hal itu diungkapkan, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo, Ismail, dalam Focus Group Discussion (FGD) Ditjen SDPPI Kemenkominfo, di Hotel Santika Premier, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (26/10/2020).

Dia menjelaskan untuk mendorong momentum transformasi digital ini, beberapa masalah perlu diselesaikan antara lain infrastruktur yang menjadi fokus utama dalam meningkatnya kebutuhan broadband.

Baca juga: Hal-Hal yang Diperlukan dalam Percepatan Transformasi Digital

"Ketika aktivitas berpindah ke ruang digital ada beberapa hal yang menjadi syarat dan tantangan transformasi digital. Pertama, kebutuhan broadband yang besar dan berkualitas. Kedua, ketersediaan broadband itu di mana-mana. Hal lain adalah affordable, maksudnya setelah bagus, berkualitas, ada di mana-mana, faktor yang lain yang harus dipenuhi adalah terjangkau oleh masyarakat," kata Ismail yang menjadi keynote dalam FGD yang dihadiri Tribunnews.com tersebut.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo, Ismail
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo, Ismail, dalam Focus Group Discussion (FGD) DPPI Ditjen Kemenkominfo, di Hotel Santika Premier, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (26/10/2020).

Dalam kaitannya mendorong percepatan transformasi digital tersebut, Ditjen SDPPI Kemkominfo mengemban dua peran strategis di masa Pandemi Covid-19.

“Pertama,  menjaga manajemen spektrum frekuensi radio  (SFR), agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh aktivitas masyarakat. Kedua, menjaga kualitas perangkat telekomunikasi yang beredar dengan menyiapkan standardisasi atau sertifikasi perangkat,” kata Ismail, Senin (26/10/2020).

Untuk itu, kata dia, hal yang paling utama adalah infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas.

Baca juga: Pemerintah Percepat Transformasi Digital, Desa Kini Punya Website

“Hanya bisa dicapai dengan regulasi dan pelaksanaan yang baik di unit kerja di Ditjen SDPPI dalam  menangani SFR dan perangkat telekomunikasi,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved