Kecantikan

Trik Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda, Cuka, Benang dan Makanan Pembersih

Ini 10 trik memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan sekitar kita.

Trik Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda, Cuka, Benang dan Makanan Pembersih
WebMD
Memutihkan gigi dengan benang 

TRIBUNNEWS.COM - Gigi berfungsi membantu Anda berbicara dan mengunyah, juga memperindah senyuman. Tetapi gigi juga bisa memperburuk penampilan kalau tidak dirawat. Berikut sepuluh cara untuk menjaga gigi seputih mutiara dalam kondisi prima.

1. Lakukan diet gigi putih
Jika Anda gemar meneguk anggur merah atau teh hitam, serta merokok, Anda akan melihat efeknya pada gigi menjadi tak begitu putih. Penyebab lainnya yang patut disalahkan atas warna gigi yang suram yaitu minuman cola, saus gravy, dan jus berwarna gelap.

Intinya, bila warnanya gelap sebelum Anda masukkan ke dalam mulut, itu mungkin akan berbekas pada gigi. Sikat segera setelah mengasup makanan atau minuman yang menodai gigi, serta gunakan agen pemutih yang baik, baik obat-obatan yang dijual bebas atau di dokter gigi. Untuk aksi membersihkan gigi yang nyaman, makanlah apel.

2. Buang sikat gigi
Tak hanya pada sikat gigi, Anda juga bisa mengganti kepala sikat gigi elektrik Anda setidaknya tiap dua atau tiga bulan sekali. Jika tidak, Anda hanya akan memindahkan bakteri ke dalam mulut.

Menurut dokter gigi asal Beverly Hills, Harold Katz, cara terbaik menyikat yaitu menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gusi lalu dengan lembut menggerakannya dalam gerakan melingkar. Pegang sikat gigi seperti pensil sehingga tak akan menyikat terlalu keras.

3. Bersihkan lidah
Gunakan pembersih lidah tiap pagi untuk menghilangkan plak lidah dan menyegarkan napas. Satu masalah utama dari bau mulit yaitu perkembangan bakteri di lidah. Selain itu Katz menyarankan, penggunan pembersih lidah akan lebih efektif daripada membersihkannya dengan sikat gigi.

4. Makan makanan 'pembersih'
Makanan yang keras akan bantu membersihkan gigi seiring proses makan. Apel bisa menjadi salah satu pilihan. Namun ada juga pilihan makanan lainnya seperti wortel mentah, seledri, dan popcorn. Untuk hasil terbaik, santap makanan pembersih ini paling akhir bila Anda tahu tidak bisa segera menyikat gigi usai makan.

5. Berkumur dengan cuka sari apel
Lakukan ini tiap pagi kemudian sikat gigi seperti biasa. Cuka membantu membersihkan noda, memutihkan gigi, serta membunuh bakteri dalam mulut dan gusi.

6. Bersihkan gigi dengan baking soda
Membersihkan gigi dengan baking soda seminggu sekali akan mengusir noda dan memutihkan gigi Anda. Gunakan layaknya pasta gigi. Selain itu garam bisa menjadi pasta gigi alternatif. Namun jangan lupa untuk membuangnya setelah berkumur, jadi tidak dihitung sebagai asupan natrium Anda. Bila gusi Anda terasa kasar, sikatlah gigi dengan garam tiap hari.

7. Jaga kesegaran
Untuk mengecek kesegaran napas, jilat telapak tangan dan cium baunya ketika masih basah. Bila Anda mencium sesuatu, saatnya gunakan obat kumur mint bebas gula. Ketika Anda mencari obat kumur, pilihlah yang tidak mengandung alkohol. Kebanyakan obat kumur di pasaran mengandung terlalu banyak alkohol, sehingga bisa mengeringkan selaput dalam mulut dan justru makin rentan terhadap bakteri.

8. Latihan menggunakan benang gigi tanpa kaca
Bila Anda bisa menggunakan benang gigi tanpa perlu melihat kaca, Anda bisa membersihkan gigi di mobil, di meja kerja, di tempat tidur, dan bahkan sebelum pertemuan penting.

9. Sikat gigi langsung setelah bangun tidur dan sebelum tidur di malam hari
Menurut internis Kathleen W. Wilson, dua waktu tersebut amat krusial. Air liur (yang menjaga rongga penyebab plak gigi) mengering di malam hari, jadi lebih baik untuk membersihkan plak gigi sebelum tidur. Ini juga penting untuk menyikat plak dan bakteri dari gigi, yang mungkin terbentuk saat Anda tidur.

10. Siasati dengan warna
Bagi wanita, pilihlah lipstik berwarna coral medium atau merah terang. Warna tersebut akan mencerahkan warna gigi Anda, karena warna yang lebih terang cenderung membuat kesan kuning pada gigi. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved