Breaking News:

Beragam Cara Agar Wajan Tak Lengket

Ada beragam cara agar wajan tidak lengket saat Anda memasak.

TRIBUNNEWS.COM - Ada beragam cara agar wajan tidak lengket saat Anda memasak.

Mungkin Anda akan sangat kesal ketika menemukan masakan yang sedang Anda masak lengket dan menempel pada wajan Anda. Waktu Anda juga jadi terbuang karena harus membersihkan makanan yang menempel di wajan. Berikut adalah tips memasak tanpa lengket yang dapat Anda ikuti.

• Wajan atau panci anti lengket adalah solusi pertama dan paling mudah bagi Anda agar masakan tidak lengket. Untuk wajan anti lengket yang baru, Anda dapat mendidihkan air yang sudah dicampur dengan sedikit cuka dalam wajan, kemudian cuci wajan Anda seperti biasa.

• Garam juga dapat digunakan untuk mencegah masakan lengket di wajan. Anda dapat memanaskan wajan, lalu masukkan garam. Biarkan garam yang Anda taburkan hingga panas lalu buang.

• Ketika menggoreng ikan, lumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu lalu diamkan sebentar. Sementara itu, panaskan minyak di atas wajan Anda, taruh selembar daun pisang di atasnya kemudian goreng ikan Anda. Trik ini juga dapat diterapkan pada masakan yang dibakar atau dikukus.

• Hindari membolak-balikkan makanan sebelum kering selama proses penggorengan berlangsung untuk menghindari bagian yang masih basah menempel pada wajan Anda.

• Sebelum menggoreng sesuatu, ambilah sepotong kunyit, gosokkan di penggorengan sebelum Anda tambahkan minyak goreng. Kunyit disini juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada bahan masakan Anda.

• Tuangkan minyak goreng ke dalam penggorengan Anda, tumis sepotong bawang merah. Cara ini juga dapat mencegah masakan Anda lengket di wajan. Selain itu, bawang merah berfungsi untuk menjadikan bahan makanan yang berbau kurang sedap menjadi harum.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved