Inilah Tips dan Trik Menghadapi Wartegg Tes pada Sebuah Psikotes

Psikotes memiliki beberapa jenis soal yang bertujuan untuk menilai kemampuan, emosi, kepribadian, bahkan imajinasi peserta.

Inilah Tips dan Trik Menghadapi Wartegg Tes pada Sebuah Psikotes
IST
Contoh wartegg test dalam Psikotest 

TRIBUNNEWS.COM - Psikotes memiliki beberapa jenis soal yang bertujuan untuk menilai kemampuan, emosi, kepribadian, bahkan imajinasi peserta. Salah satu yang akan sering Anda temui adalah Wartegg Tes.

Dalam tes ini, peserta akan menemukan delapan kotak berisi titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil yang diberi warna hitam, dua garis saling memotong, titik yang tersusun melengkung dan terakhir garis lengkung cukup besar.

Peserta diminta untuk membuat gambar dari titik maupun garis tersebut.

Kemudian, di masing-masing kotak ditulis urutan gambar yang Anda buat terlebih dahulu.

Agar dapat lolos tes ini, sebaiknya Anda menggambar secara kombinasi. Misalnya dari nomor 1, 2, 3, 4 kemudian dilanjutkan dari 8, 7, 6, 5.

Bisa juga membuat kombinasi lain tetapi jangan terlalu acak. Bila menggambar secara urut, HRD dapat beranggapan bahwa Anda adalah seorang yang kaku atau konservatif.

Namun bila terlalu acak, Anda akan dipandang sebagai pribadi yang kreatif dan inovatif, tetapi cenderung bertindak di luar aturan.

Hindari menggambar dari angka 5 atau 7 terlebih dahulu karena ini menunjukkan orientasi yang aneh.

Lalu sebaiknya apa yang di gambar pada delapan kotak tersebut?

Bila menggambar titik pada kotak pertama, sebaiknya Anda menggambar makhluk hidup yang berkarakter karena ini berkaitan dengan penyesuaian diri di lingkungan baru.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved