Breaking News:

Hempaskan Rasa Galau si Kecil di Hari Pertama Sekolah dengan Trik Ini

Seringkali anak cemas di hari pertama sekolah. Bagaimana cara menyiapkan mental sejak jauh hari agar anak tidak lagi merasa galau?

TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Seorang murid baru menangis saat mengikuti kegiatan pengenalan murid di kelas 1 pada hari pertama sekolah di SD Negeri Inpres I Toddopuli, Makassar, Senin (17/7). Senin 17 Juli 2017 merupakan hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2017/2018. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUNNEWS.COM - Seringkali anak cemas di hari pertama sekolah.

Bagaimana cara menyiapkan mental sejak jauh hari agar anak tidak lagi merasa galau?

Salah satu hal yang membuat anak (terkadang juga orangtua) merasa 'galau' saat melepas anak sekolah adalah keenggan anak berpisah dengan ibunya saat hari pertama sekolah.

Untuk mengatasi hal itu, Weilin Han, seorang konsultan pendidikan, menuturkan, orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk menyiapkan kondisi mental anak menjelang sekolah.

Pertama, ajak anak bermain sekolah-sekolahan. Hal ini tentu mudah karena anak-anak biasanya menyukai perilaku meniru, sebagaimana mereka kerap bermain dokter-dokteran atau pasar-pasaran dengan teman sebayanya.

Anda bisa memulainya dari hal sederhana, seperti mengenakan seragam, cara memegang pensil, atau membawa bekal.

Kedua, membangun kebiasaan yang kelak akan mendukung ritme hidup anak saat memasuki dunia sekolah. Misalnya, seminggu sebelum masuk sekolah mulai membiasakan untuk tidur lebih awal dan bangun pagi.

Selanjutnya, menyesuaikan dengan jadwal masuk sekolah pukul 07.30, pukul 06.15 anak sudah sarapan dan mandi.

Upaya ini penting agar anak tidak kaget. Terlebih, anak akan menghadapi banyak hal baru dalam kehidupannya: sekolah baru, jadwal baru, teman-teman baru.

“Kita harus mengondisikan anak agar bisa menyesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan barunya saat sekolah nanti secara bertahap,” papar Weilin.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved