Langkah Mengeringkan Rambut Secara Alami, Lebih Sehat dan Hasilnya Gak Kalah Sama Blow di Salon

Walaupun banyak alat pengering rambut atau hair dryer yang menjanjikan panas yang aman untuk rambut, namun mengeringkan rambut secara alami tetap lebi

Langkah Mengeringkan Rambut Secara Alami, Lebih Sehat dan Hasilnya Gak Kalah Sama Blow di Salon
net
Blow rambut di salon 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Walaupun banyak alat pengering rambut atau hair dryer yang menjanjikan panas yang aman untuk rambut, namun mengeringkan rambut secara alami tetap lebih bagus untuk kesehatan rambut.

Dr. Gloria Novelita, SpKK dari Skin&Co menuturkan pengeringan secara alami tidak membuat rambut terpapar dari panas yang dihasilkan alat styling.

“Jadi kalau ditanyakan lebih baik mana blowdry atau secara alami, tentu yang lebih bagus alami,” ungkap dr. Gloria di acara Ellips, di kawasan Jakarta Selatan, Senin (23/4/2019).

dr. Gloria menyebutkan cara paling mudah untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk yang bahannya lembut.

keramasa rontok
keramasa rontok (net)

Pertama gunakan handuk yang dibalutkan secara lembut ke rambut, bukan digesek-gesekan ke rambut karena rambut yang basah sangat rapuh sehingga bisa menciptakan kerontokan kalau digesek-gesek.

“Gunakan handuk yang lembut, dibalutkan di kepala rambut, itu akan membantu proses pengeringan paling gak 50 persen. Semua tergantung rambutnya kalau ikal biasanya lebih lama untuk keringnya,” tutur dr. Gloria.

Ilustrasi pemakaian handuk
Ilustrasi pemakaian handuk (net)

Kemudian setelah setengah kering, rambut harus disisir agar tampilan setelah kering jadi lebih bagus seperti hasil sesudah pengeringan menggunakan hair dryer.

Agar hasil lebih maksimal, bentuk rambut dengan bantuan sisir misalnya pada bagian dibuat melengkung ke dalam atau keluar, karena setelah kering rambut akan mengikuti cara menyisirnya.

Rambut yang tidak disisir juga akan membuat tampilannya lebih mekar, dan hindari mengikat rambut saat masih basah karena bisa juga membuat rambut mekar.

“Pas basah diikat, atua kita gak sisir, jadi setelag kering akan mekar. Kalau sudah setengah kering coba sisir, rapihkan, nanti jadi bagus, sama seperti kita lakukan blow disalon,” papar dr. Gloria.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved