Lima Strategi Mengelola Uang THR Agar Tidak Keburu Ludes Sebelum Waktunya

Uang THR seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran.

Lima Strategi Mengelola Uang THR Agar Tidak Keburu Ludes Sebelum Waktunya
KOMPAS IMAGES
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anda seorang karyawan? Bila, iya, Anda pasti menunggu-nunggu momen turunnya tunjangan hari raya (THR). Nah, agar tidak seluruh THR berujung di mesin kasir mal, Anda bisa mengolah THR dengan cermat.

Selain menanti waktu mudik, masyarakat pekerja juga menunggu momen datangnya THR. Maklum saja, biasanya THR yang mereka terima sebesar satu kali gaji pokok sebulan.

Agustina Fitri, perencana keuangan OneShiltd, melihat banyak orang yang menggunakan THR untuk memenuhi keinginannya. Misalnya, mereka gunakan untuk membeli baju baru. Alhasil, THR mereka hanya akan berakhir di meja kasir pusat perbelanjaan.

Padahal, uang THR seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran. Tidak ingin kan, THR Anda habis hanya untuk membayar tagihan baju baru.

DI sinilah pentingnya bagi Anda untuk mengolah dana THR. Anda penasaran bagaimana caranya?

1. Untuk memenuhi kebutuhan pokok

Anda dapat menggunakan uang THR untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan dan Lebaran.

Caranya, Anda harus membuat daftar kebutuhan dan keinginan selama bulan Ramadan dan Lebaran. Usahakan, Anda untuk menuliskan seluruhnya dengan terperinci.

Misalnya, Anda harus menentukan nominal uang bonus untuk penjaga kompleks dan membayar zakat fitrah. Anda juga harus menentukan jumlah anggaran berbelanja kebutuhan pribadi seperti baju dan kosmetik bila diperlukan.

Setelah itu, Anda bisa mencentang seluruh poin yang sudah terpenuhi lewat uang gaji bulanan.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved