Lahirnya SDM Unggul Dimulai dari Kesiapan Ibu yang Sehat dan Cerdas

Mempersiapkan SDM yang unggul bertalenta yang berhati Indonesia dan berideologi Oancasila membutuhkan keterlibatan seluruh rakyat Indonesia.

Lahirnya SDM Unggul Dimulai dari Kesiapan Ibu yang Sehat dan Cerdas
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Sekertaris Kemen PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu ditemui di Gedung Kemen PPPA, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bertalenta yang berhati Indonesia dan berideologi Oancasila membutuhkan keterlibatan seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut jugalah yang dikatakan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Untuk mencapai tujuan tersebut serta menyiapkan generasi yang siap menghadapi kemajuan teknologi, Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) akan memastikan kesiapan mulai sedini mungkin yaitu kesiapan calon ibu.

“Proses penting untui menghasilkan SDM unggul adalah memastikan setiap bayi yang lahir berasal dari ibu yang sehat secara fisik, mental dan sosial,” ungkap Sekertaris Kemen PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu ditemui di Gedung Kemen PPPA, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Pentingnya menyiapkan generasi dari ibu yang sehat adalah agar ibu dapat memenuhi hak anak dan terbebas dari berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi.

“Harapannya bayi bebas dari stunting dan ketika tumbuh hak pendidikannya, hak memanfaatkan waktu luang, hak kesehatan, hak kesejahteraan, hak sipil, dan pengasuhan dari orang tua terpenuhi,” ucap Pribudiarta.

Selain itu faktor lingkungan, kesiapan calon ayah juga menjadi perhatian untuk mencetak SDM yang pintar dan berbudi pekerti luhur.

“Sehingga seluruh komponen, dari lingkungan kecil, menengah, hingga besar aman dan layak untuk anak-anak Indonesia,” pungkas Pribudiharta.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved