Breaking News:

Pilih Mana Santan Murni atau yang Instan? Lebih Enak dan Sehat yang Mana? Yuk Cek Plus Minusnya

Saat Puasa, biasanya banyak yang mengolah makanan berbahan santan. Mulai kolak, kue atau sayuran. Kamu pilih mana santan asli atau instan?

BLODSKY
Ilustrasi santan kelapa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat Puasa, biasanya banyak yang mengolah makanan berbahan santan. Mulai kolak, kue atau sayuran khas Indonesia. Kamu pilih mana santan asli atau yang instan?

Ya, saat membuat makanan bersantan, kamu lebih suka memakai santan murni atau instan? Keduanya memiliki kegunaan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

Traveling chef Wira Hardiyansyah menjelaskan mengeni apa perbedaan dari santan instan dan santan alami.

"Kalau santan murni atau alami dari aroma pasti lebih wangi, karena kalau santan instan olahan pabrik telah mengalami beberapa proses," jelas Wira Hardiyansyah saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (29/4/2020).

Santan murni vs instan: daya tahan, tekstur, dan rasa.

Baca: Saking Enaknya, Resep Kolak Roti Singkong Ini Pasti Bikin Kita Banjir Pujian dari Keluarga

Baca: Usai Foto Pernikahan dengan Hyun Bin, Kini Tata Janeeta Kenalkan Bayinya Bernama Haluningsih

Didandingkan dengan santan murni, daya tahan santan instan lebih lama. Sebab sudah diberi pengawet buatan yaitu sirup jagung atau fruktosa.

Ia juga menjelaskan, bila harus memakai santan kemasan karena ingin lebih praktis, sebaiknya jangan terlalu sering dan tak menikmatinya dalam jumlah berlebihan.

Selain itu santan instan dan santan murni memiliki perbedaan tekstur serta rasa.

Wira mengatakan bahwa santan alami terbuat dari parutan kelapa asli. Umumnya menggunakan kelapa tua dan berdaging tebal.

"Santan alami mempunyai cita rasa paling baik, dan 'luwes' digunakan di semua masakan. Namun, durasi penyimpanannya singkat," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved