Breaking News:

Bicarakan Hal Negatif Tentang Pasangan ke Orang Lain? Ini Tanda-tanda Toxic Relationship

Ada beberapa perilaku dalam hubungan asmara yang tidak disadari merupakan tanda-tanda hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship.

goodfon.com
Ilustrasi pasangan tak harmonis 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada beberapa perilaku dalam hubungan asmara yang tidak disadari merupakan tanda-tanda hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship.

Psikolog seksual Zoya Amirin menyebutkan salah satu contohnya, ketika ada masalah dalam hubungan, malah menceritakan keburukan pasangan ke orang lain.

"Pernahkah ketika anda bermasalah dengan suami atau dengan istri Anda malah nyinyir (ngomongin ke orang lain) itu adalah tanda-tanda khas sebenarnya anda berada di toxic relationship," ungkap Zoya saat live instagram bersama dr. Haekal Ansari, Minggu (10/5/2020).

Zoya menjelaskan hubungan yang sehat adalah ketika terjadi masalah maka keduanya saling berkomunikasi mencari cara menyelesaikannya.

Baca: Pasangan Ini Nekat Bunuh Diri Minum Pestisida, Kecewa Pernikahan Ditunda akibat Lockdown Corona

Mengomunikasikannya juga secara langsung saling tatap mata jangan saling memberikan kode di media sosial.

Zoya Amirin saat ditemui pada acara press screening film terbarunya yang berjudul 'Cerita Cinta' di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/1/2015) malam. Film yang bergenre drama romantis ini diangkat dari novel best seller Endik Koeswoyo yang mengisahkan tentang persahabatan dan percintaan anak remaja di masa SMA. (Tribunnews/Jeprima)
Zoya Amirin saat ditemui pada acara press screening film terbarunya yang berjudul 'Cerita Cinta' di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/1/2015) malam. Film yang bergenre drama romantis ini diangkat dari novel best seller Endik Koeswoyo yang mengisahkan tentang persahabatan dan percintaan anak remaja di masa SMA. (Tribunnews/Jeprima) (Tribunnews/JEPRIMA)

"Kan istilahnya kalau kita punya masalah sebaiknya kita mencari cara untuk mengkomunikasikannya, sekarang kita biasanya dilakukan di sosial media kah itu artinya juga toxic relationship," ucap Zoya.

Selain nyinyirin pasangan, tanda-tanda toxic relationship lainnya adalah tidak pernah merasa cukup dengan pasangannya, susah menjadi diri sendiri saat berada di depan pasangan, dan sikap posesif dari pasangan yang berlebih.

Toxic relationship ini tentunya akan menyebabkan gangguan mental karena adanya tekanan terus menerus yang membuat seseorang bisa jadi stres atau trauma dalam hubungan.

Berita Populer
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved