Breaking News:

Dokter Tidak Sarankan Simpan Makanan Pendamping ASI di Magic Com

Magic com biasanya dibuka berkali-kali untuk mengambil nasi. Saat terbuka, bisa saja MPASI terkontaminasi bakteri lewat udara.

freepik
Ilustrasi menu MPASI untuk bayi 12 bulan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Magic Com punya fungsi mengolah nasi dan memastikan nasi tetap hangat, serta menghangatkan makanan lainnya, misal kentang dan sayuran.

Saat membeli produk biasanya juga dilengkapi dengan tempat putih kusus yang bisa ditaruh di bagian atas panci magic com untuk tempat menghangatkan makanan.

Tapi bagaimana dengan makanan pendamping ASI (MPASI), apakah bisa ditaruh di dalam magic com agar tetap hangat?

Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak, dr. Tities Prawitasari, SpA(K) menyebutkan untuk MPASI jangan disimpan di magic com.

Baca: Cara Mengolah Daging Beku yang Tepat untuk MPASI

Magic com biasanya dibuka berkali-kali untuk mengambil nasi. Saat terbuka, bisa saja MPASI terkontaminasi bakteri lewat udara.

"Untuk MPASI tidak aman disimpan di magic com, hati-hati kontaminasi apalagi magic com bolak-balik dibuka untuk ambil nasi," ungkap dr. Tities saat live di instagram IDAI, Kamis (21/5/2020).

MPASI memang harus sangat dijaga kebersihannya karena proses pencernaan bayi yang masih sangat riskan terhadap bakteri.

Baca: Menakar Kandungan Gizi Lontong, Nasi dan Ketupat, Mana yang Lebih Sehat?

Dr. Tities menyarankan untuk MPASI sebaiknya dibuat sesuai dengan porsi anak dan jika dibuat untuk dua kali makan simpan sisanya dengan wadah tertutup di dalam kulkas supaya tetap bersih.

Barulah ketika ingin diberikan kepada bayi kembali dihangatkan kembali dan yang sudah dihangatkan tidak disarankan disimpan lagi ke dalam kulkas.

"Makanya penting untuk direncanakan prosesnya, jadi setelah dimasak atau setelah dieksekusi langsung disimpan yang mau dimakan nanti dan yang mau dimakan langsung disajikan," pungkas dr. Tities.

Berita Populer
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved