Breaking News:

Penanganan Covid

Perawat Pasien Covid-19 Berisiko Tinggi, Ini yang Menjadi Dasar Pelayanan Mereka

Profesi perawat merupakan kelompok 'garda terdepan' penanganan pasien terinfeksi virus corona (Covid-19).

Dokumentasi Pribadi Bima Perawat Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet
Para perawat pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, 23/4/2020. Seorang dokter di Madura meninggal dunia akibat covid-19 dan keluarganya pun ikut tertular. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Profesi perawat merupakan kelompok 'garda terdepan' penanganan pasien terinfeksi virus corona (Covid-19). Mereka memiliki risiko tinggi tertular virus tersebut.

Pekerjaan mereka dalam pandemi ini sangat berat, karena harus tetap merawat pasien terinfeksi, meskipun ada kekhawatiran mengalami penyakit yang sama akibat tertular dari pasien positif Covid-19.

Namun apa yang dirasakan para perawat maupun tenaga medis lainnya berkontribusi merawat para pasien Covid-19 serta memberikan penyuluhan bagi masyarakat agar tidak abai terhadap kesehatan?

Spesialis Keperawatan Medikal Bedah, Puji Raharja Santosa, M.Kep., Sp.Kep.MB mengatakan apapun yang dijalani para perawat dalam kondisi pandemi, merupakan bentuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Baca juga: Update Corona Global 16 Maret 2021: Tercatat 120,7 Juta Infeksi Covid-19 di Seluruh Dunia

Baca juga: Benny Rhamdani Buka Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di BP2MI

"Kita sebagai perawat dalam kondisi pandemi ini, baik suka maupun duka, pahit atau manis, dalam memberikan layanan ini tetap akan kita jalankan secara menyenangkan," ujar Puji, dalam talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (16/3/2021).

Meskipun besar risikonya, namun ia meyakini bahwa selama menjalani tugas sebagai perawat, tentunya dampak apapun yang diterima telah dipasrahkan kepada Tuhan.

RUANG PERAWATAN - Suasana di ruang perawatan isolasi 240 A Gedung RSKI Galang Batam. Sarma, seorang pasien covid-19 mengakui kebosanan menjalani karantina meskipun selama di RSKI Galang Batam berbagai kegiatan sehat dilakukan untuk mengisi waktu kosong.
RUANG PERAWATAN - Suasana di ruang perawatan isolasi 240 A Gedung RSKI Galang Batam. Sarma, seorang pasien covid-19 mengakui kebosanan menjalani karantina meskipun selama di RSKI Galang Batam berbagai kegiatan sehat dilakukan untuk mengisi waktu kosong. (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA)

"Karena kita yakin bahwa pada saat niat kita, kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tentunya apa yang berat akan menjadi ringan, apa yang kita kerjakan akan menjadi amal ibadah buat kita semuanya," kata Puji.

Baca juga: Menaker: Penanganan Dampak COVID-19 Tahun 2020 Tunjukkan Hasil Positif

Tiap menjalani tugas, termasuk merawat pasien Covid-19, kata dia, para perawat tidak hanya memiliki harapan untuk diri mereka sendiri.

Karena yang diutamakan adalah memberikan manfaat bagi orang lain, sehingga menurutnya, profesi sebagai perawat merupakan salah satu pekerjaan yang mulia.

"Yang menjadi harapan buat kita semuanya adalah perawat itu meniatkan dirinya berbuat baik untuk bisa bermanfaat buat orang lain. Dan saya yakin pekerjaan perawat adalah pekerjaan mulia," tegas Puji.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved