Bursa Capres

PKB Usung Cak Imin Jadi Capres, Fadli Zon: Jajak Pendapat yang Tentukan, Siapa yang Memungkinkan

Semua partai politik menginginkan ketua umumnya maju dalam pemilihan presiden mendatang agar mendapatkan efek ekor jas atau coattail effect.

Fersianus Wiku
Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon merespons Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memasang Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres harga mati di pilpres 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon merespons Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memasang Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Menurutnya, semua partai politik menginginkan ketua umumnya maju dalam pemilihan presiden (pilpres) mendatang agar mendapatkan efek ekor jas atau coattail effect.

"Masing-masing (parpol) ingin ada coattail effect di dalam pilpres," kata Fadli seusai diskusi yang digelar Prodewa dan Total Politik di Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: PKB: Cak Imin Jadi Capres 2024 Harga Mati

Karenanya, Fadli tak mempersoalkan ketika semua parpol mendorong ketua umumnya untuk maju pada pilpres nanti.

"Jadi semuanya juga partai kalau bisa mencalonkan ketua umumnya masing-masing kira-kira begitu untuk mendapatkan coattail effect," ujarnya.

Namun, Fadli menuturkan keputusan maju dalam pilpres pada akhirnya ditentukan melalui jajak pendapat bersama mitra koalisi.

"Menurut saya yang akan menentukan adalah misalnya jajak pendapat di akhir nanti siapa yang memungkinkan elektabilitasnya," ungkap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan mengusung Cak Imin sebagai capres di 2024 merupakan harga mati berdasarkan keputusan muktamar PKB.

"Kalau PKB kan sudah mandatnya Pak Muhaimin maju menjadi calon presiden, maju 2024. Mandat muktamar, kalau mandat muktamar ini harganya mati," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved