Pilpres 2024

Akademisi Kampus: Erick Thohir Cocok Dipasangkan dengan Ganjar di Pilpres 2024

Prof Hotman Siahaan berpendapat, langkah PAN yang mulai menyatakan Ganjar dan Erick pantas diusung sebagai capres dan cawapres sangat rasional.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Dewi Agustina
Ist via Tribun Muria
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan berpendapat, langkah PAN yang mulai menyatakan Ganjar dan Erick pantas diusung sebagai capres dan cawapres sangat rasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) kerap menempati peringkat teratas lembaga survei politik.

Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di 33,9 persen.

Sementara itu, elektabilitas Erick Thohir juga terus merangkak naik calon wakil presiden (cawapres).

Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas Erick di periode November 2022 ini naik cukup signifikan menjadi 9,6 persen.

Baca juga: Disebut Cawapres Primadona, Erick Thohir Punya Faktor Kemenangan Siapapun Pasangannya

Salah satu parpol yang sudah mulai melambungkan nama Ganjar dan Erick adalah Partai Amanat Nasional (PAN).

Di acara peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang, Ketua umum PAN Zulkifli Hasan terang-terangan menyebut Ganjar dan Erick pantas diusung PAN menjadi capres dan cawapres di pilpres 2024.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan berpendapat, langkah PAN yang mulai menyatakan Ganjar dan Erick pantas diusung sebagai capres dan cawapres sangat rasional.

Dia beralasan, dari beberapa survei politik yang dilakukan oleh lembaga survei yang memiliki kredibilitas tinggi, kedua tokoh tersebut selalu berada di posisi puncak elektabilitas.

"PAN sangat rasional memilih mereka sebagai capres dan cawapres 2024. Semua yang dilakukan oleh PAN berdasarkan basis data yang sangat akurat dari lembaga survet terpercaya di Indonesia. Sehingga apa yang disampaikan PAN ada nalar dan justifikasi berdasarkan basis datanya. Bukan asal-asalan," kata dia seperti pernyataan pers yang dikutip Senin, 5 Desember 2022.

Hotman menjelaskan, berdasarkan simulasi dari berbagai lembaga survei politik yang ada, calon pasangan capres dan cawapres, Ganjar Erick merupakan kandidat yang terkuat untuk disung di 2024.

Dia menduga pasangan Ganjar Erick ini sangat diminati oleh masyarakat lantaran kombinasi yang sangat pas. Ganjar merupakan representasi politisi yang sangat piawai di Indonesia.

Baca juga: Zulhas Sebut Ganjar Pantas Jadi Capres PAN, PDIP Ingatkan Etika Politik

Sedangkan Erick dinilai Hotman memiliki kinerja yang luar biasa di BUMN.

Berbagai permasalahan yang pelik dapat diselesaikan dengan baik oleh Erick.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved