Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Warga Kepulauan Seribu Ikut Lomba Dayung dan Berenang di Laut

Sejumlah ajang perlombaan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta tidak hanya digelar oleh masyarakat yang tinggal di wilayah daratan Jakarta saja

Editor: Hendra Gunawan
Warta Kota/Fitriandi Al Fajri
Sekitar 150-an warga Kepulauan Seribu mengikuti lomba berenang antar pulau, Minggu (17/8/2014). Lomba berenang ini untuk meramaikan HUT Ke-69 Kemerdekaan RI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sejumlah ajang perlombaan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta tidak hanya digelar oleh masyarakat yang tinggal di wilayah daratan Jakarta saja. Akan tetapi, warga Kepulauan Seribu juga turut mengadakan serangkaian perlombaan.

Salah satu perlombaan yang menjadi perhatian masyarakat dan wisatawan adalah lomba dayung yang diadakan di Pulau Pramuka. Kepala UP Bahtera Jaya, Juharto mengatakan selain ingin meramaikan HUT Republik Indonesia, perlombaan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit pendayung yang tangguh.

Nantinya, kata dia, bibit tersebut akan dipertandingkan di tingkat Provinsi DKI Jakarta maupun Nasional.  "Selain mencari bibit muda berperestasi juga memberikan hiburan dan tontonan bagi pengunjung wisata," kata Juharto.

Lomba perahu dayung ini, akhirnya berhasil direbut oleh tim dayung dari Pulau Panggang. Adapun sau timnya diikuti oleh 6 peserta lomba dan diikuti oleh setiap Kelurahan di Kepulauan Seribu. Sehingga bila ditotal, jumlah peserta mencapai 150 orang.

Selain lomba dayung di Pulau Pramuka, warga Pulau Panggang dan wisatawan juga turut mengadakan lomba. Adapun perlombaan yang menyita perhatian adalah lomba menangkap bebek yang memanfaatkan air laut. Bagi warga atau wisatwan yang ingin mengasah kemampuan dan keberanian dipersilahkan untuk ikut dengan hadiah-hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia.

Heriyanti, Camat Kepulauan Seribu Utara mengungkapkan, lomba tangkap bebek di laut ini ingin membuktikan bahwa warga harus tangguh dan kuat, sehingga mampu menghadapi tantangan yang ada di sekitar. "Kami bagian dari Jakarta, pembangunan di Kepulauan Seribu bisa disamakan dengan pembangunan yang ada di daratan DKI Jakarta, walaupun kita terlihat jauh, tapi pembagunan kita prioritaskan terutama sarana dan prasarana transportasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Heriyanti.

Ia pun menambahkan, dalam perlombaan yang digelar, warga begitu antusias dan memberi kesan yang mendalam untuk para peserta. "Warga sekitar terlihat cukup berkesan dan antusias dengan kegiatan ini, diharapkan warga akan tetap bersatu dalam kebersamaan mengisi kemerdekaan," jelas Heriyanti. (Fitriandi Al Fajri)

Sumber: Warta Kota
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved