Penambahan Tiga Koridor Bus Trans J Dipastikan Tidak Dilakukan Tahun Ini

Kalau dipaksakan tetap dibangun, kemungkinan besar akan menimbulkan kemacetan

Penambahan Tiga Koridor Bus Trans J Dipastikan Tidak Dilakukan Tahun Ini
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Warga mengantri untuk menunggu bus Trans Jakarta di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2015), Mengisi libur panjang akhir tahun warga bertamasya ke pusat-pusat hiburan dengan menggunakan transportasi umum. Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penambahan tiga koridor bus Trans Jakarta dipastikan tidak akan terealisasi tahun ini.

Saat ini, terdapat 12 koridor Trans Jakarta yang aktif digunakan. Sedangkan, tiga koridor lainnya yang belum beroperasi yakni koridor 13 (Ciledug-Blok M), koridor 14 (Manggarai-Kampus UI) dan koridor 15 (Blok M-Kalimalang).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjelaskan, ketiga koridor itu bersinggungan dengan pembangunan jalur Mass Rapid Transit (MRT).

Kalau dipaksakan tetap dibangun, kemungkinan besar akan menimbulkan kemacetan.

"Nanti kalau kita bangun sekaligus, enggak ada jalur alternatif, dan tambah macet," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur enggan memastikan kapan pembangunan ketiga koridor tersebut akan selesai. Yang pasti tidak tahun ini, karena pembangunan akan dilakukan secara bertahap.

"Multiyears lah. Makanya diselesaikan dulu nih yang Ciledug, dia bertahap. Tapi pasti kita selesaikan," imbuhnya.

Sejak dicanangkan pada 2004, Trans Jakarta ditargetkan akan melayani 15 koridor. Saat ini, Trans Jakarta telah melayani 12 koridor. 

Penulis: Dennis Destryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved