Breaking News:

Penumpang KRL di Stasiun Ini Kini Bisa Nikmati Underpass

Program underpass mengusung aspek keselamatan pengguna dengan menghilangkan perlintasan penyeberangan orang antar peron

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
KRL mengangkut penumpang di Stasiun Kebayoran, Jakarta, Senin (28/8/2017). Pada 2017 PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menargetkan jumlah penumpang 292.340.798 penumpang atau bertambah 12 juta penumpang dibanding tahun 2016 sejumlah 280.588.767 penumpang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) sudah bisa menikmati fasilitas underpass atau terowongan untuk penyeberangan orang di Stasiun Bojong Gede

Menurut VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa, pengoperasikan fasilitas underpass atau terowongan untuk penyeberangan orang di Stasiun Bojong Gede adalah satu dari enam underpass yang telah beroperasi. 

Dijelaskan Eva, underpass ini merupakan underpass terakhir dari program pembangunan enam underpass yang digagas KCI sejak penghujung tahun 2016 lalu. 

Adapun lima underpass yang telah beroperasi terlebih dahulu diantaranya Tebet, Sudimara, Pondok Ranji, Citayam, dan Cilebut.

"Program underpass mengusung aspek keselamatan pengguna dengan menghilangkan perlintasan penyeberangan orang antar peron yang berada di atas rel," kata Eva kepada Tribunnews.com, Kamis (28/9/2017). 

Bojong Gede menjadi salah satu stasiun terpilih berdasarkan jumlah kepadatan yang mencapai 35.000 pengguna jasa per hari.

Underpass dengan nuansa putih ini memiliki kedalaman 2,5 meter di bawah jalan rel dengan panjang 18,3 meter dan lebar 5 meter. 

Dilengkapi dua tangga manual yang berada di peron arah Jakarta Kota dan Bogor dengan panjang masing-masing 26,6 meter dan 24,8 meter serta sama-sama memiliki lebar 3 meter.

Ia menjelaskasn, berbagai upaya terus dilakukan KCI untuk menunjang pertumbuhan penumpang yang kian bertambah. 

Baca: Ketua KPK Sesalkan Rekaman Percakapan Setya Novanto Batal Diputar

Dengan beroperasinya seluruh underpass tersebut, KCI berharap para pengguna jasa dapat mengikuti aturan dan ketentuan dengan baik demi kenyamanan bertransportasi menggunakan KRL.

Sebelumnya untuk keselamatan penumpang berpindah peron selain pembangunan underpass PT KCI juga telah menutup penyebrangan antar peron yang masih sebidang dengan jalur di Stasiun Tanah Abang melalui pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved