Pemprov DKI Punya Ratusan Program, Ini Kritik dan Saran Sri Mulyani

Kegiatan yang jumlahnya ribuan, lanjut Sri Mulyani, sangat berisiko dalam segi efisiensi dan akuntabilitas serta cenderung tidak fokus.

Pemprov DKI Punya Ratusan Program, Ini Kritik dan Saran Sri Mulyani
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberikan arahan mengenai perumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2017). Ia memberi peringatan kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk membuat program-program yang lebih kreatif, sehingga serapan kas daerah maksimal untuk perkembangan daerah. (TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DKI Jakarta punya 270 program. Tapi, dari 20 program itu terjemahannya menjadi 6.287 kegiatan.

"Mungkin lebih banyak pimpro-nya daripada belanja untuk kuasa pengguna anggarannya dibandingkan mereka yang betul-betul melayani," ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani di Balai Kota, Rabu (27/12/2017).

Sri Mulyani menyampaikan hal itu saat memberi arahan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta harus memfokuskan program dan turunan kegiatannya agar lebih efisien dan akuntabel.

Kegiatan yang jumlahnya ribuan, lanjut dia, sangat berisiko dalam segi efisiensi dan akuntabilitas serta cenderung tidak fokus.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta disarankan merasionalisasi kembali program-programnya agar lebih fokus, efisien, dan akuntabel.(*)

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved