Breaking News:

Dua Kebudayaan Berbaur di Perayaan Cap Go Meh Seasons City

Atraksi Tatung yang terkenal di Singkawang, Kalimantan Barat, kini dinikmati langsung oleh masyarakat Jakarta.

HO/Tribunnews.com
Atraksi Tatung yang terkenal di Singkawang, Kalimantan Barat, kini dinikmati langsung oleh masyarakat Jakarta. Pertunjukan ekstrim tersebut dihadirkan oleh Seasons City Trade Mall dalam rangka puncak perayaan Cap Go Meh. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Atraksi Tatung yang terkenal di Singkawang, Kalimantan Barat, kini dinikmati langsung oleh masyarakat Jakarta.

Pertunjukan ekstrim tersebut dihadirkan oleh Seasons City Trade Mall dalam rangka puncak perayaan Cap Go Meh.

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dan komitmen Seasons City dalam melestarikan budaya dan mempererat persatuan masyarakat.

“Kami ingin menjaga kelestarian budaya di Indonesia yang begitu beragam dengan menghadirkan Tatung yang popular di Kalimantan Barat. Dengan kehadiran atraksi ini, kami mengajak masyarakat untuk sama-sama melestarikan khazanah kebudayaan Indonesia sehingga bisa terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar General Manager Seasons City Mualim WIjoyo.

Perayaan Cap Go Meh di Season City merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Tahun ini merupakan yang Ke-4 kali, dan Tatung dipilih karena atraksi ekstrim tersebut belum banyak disaksikan oleh masyarakat, terutama waga Jakarta.

Atraksi Tatung kali ini diikuti oleh 100 Sinshe Tatung laki-laki dan perempuan yang melakukan aksi ekstrim seperti Debus yang terkenal di Banten. Di luar Sinshei, total peserta acara Cap Go Meh ini mencapai 500 orang.

Tatung sendiri merupakan atraksi di mana Sinshe akan dirasuki oleh roh dewa luhur leluhur atau kekuatan supranatural. Hal tersebut memungkinkan pelaku atraksi bisa melakukan hal ekstrim, seperti berdiri di atas tombak.

Sebelum atraksi ekstrim Tatung, acara diawali oleh pawai sejumlah kebudayaan pada pukul 08.00 dengan titik mulai dari Vihara Berbudi di Jembatan Lima, Jakarta Barat.

Pawai itu diramaikan oleh atraksi To Khiau Sinshe dengan rute yang dilalui adalah Jalan Laksa – Jalan Sawah Lio – Jalan KH Mas Mansyur – Jalan Krendang Raya – Jalan Garuda – Jalan HM Mas Mansyur – Jalan TSS Raya – Pos Duri – Jalan Jembatan Besi Raya, dan diakhiri atraksi Tatung yang berpusat di mall Season City.

Selain atraksi Tatung dan pawai To Khiau Sinshe, perayaan Cap Gomeh di Mal Seasons City juga diramaikan dengan aksi Barongsai, Tanjidor, Ondel-ondel Betawi, Bakti Sosial Pengobatan Gratis oleh dokter dan Sinshe, upacara spiritual, hingga lelang barang sembayang.

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved