Breaking News:

PKL Dadakan Muncul di Bahu Kanal Banjir Timur Jelang Berbuka Puasa

"Ini sengaja datang jam 3, biar dapat tempat yang enak. Kalau kesorean bisa direbut orang, malah dapat tempat agak ujung," ujar Bustomi

TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Pedagang Kaki Lima dadakan yang beredar di bahu Kanal Banjir Timur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi berkah bagi para pedagang kaki lima (PKL) dadakan di kawasan Kanal Banjir Timur.

Demi mencari lokasi yang strategis, tak jarang dari para PKL dadakan tersebut datang sejak siang untuk mencari tempat yang paling sering dilalui banyak orang.

Baca: Air PDAM Mati Total, Warga Depok Mengaku Ada yang Sampai Tidak Mandi Pagi

"Ini sengaja datang jam 3, biar dapat tempat yang enak. Kalau kesorean bisa direbut orang, malah dapat tempat agak ujung," ujar Bustomi, pedagang kerupuk kulit di kawasan KBT, Jakarta Timur, Kamis (17/5/2018).

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com pada pukul 15.30 WIB, puluhan pedagang sudah bersiap untuk menggelar lapak mereka untuk berjualan.

Namun, di hari pertama puasa bulan Ramadan ini, keramaian para PKL belum signifikan terlihat di kawasan KBT.

"Hari pertama memang biasanya belum terlalu ramai. Beberapa ada yang pulang kampung dulu hari pertama Ramadan," ujar Aceng, pedagang kolak di kawasan KBT.

Beberapa pedagang pun mengaku omset mereka saat berjualan di bulan Ramadan meningkat hingga 50 persen dibanding bulan biasa.

"Siangnya memang sedikit yang masuk kalau bulan puasa. Tapi dari sore sampai malam, mulai banyak tuh yang beli. Pendapatan bisa naik lumayan," ujar Wahyudi, pedagang es campur.

Baca: Bawaslu: Polri Bisa Panggil Paksa Ketua Umum PSI

Sebelumnya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta telah memetakan beberapa titik di Jakarta yang rawan diokupasi pedagang kaki lima (PKL) selama Ramadan.

Di Jakarta Timur sendiri terdapat empat titik yang diprediksi menjadi lahan untuk berjualan para PKL, yaitu kawasan Jatinegara, Pasar Gembrong, Rawamangun, dan KBT.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Saat Ramadan, Banyak PKL Dadakan di Kawasan Kanal Banjir Timur

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved