Breaking News:

Drama Musikal Ini Sebarkan Semangat Positif Pasien Kanker Anak

Pertunjukan ini merupakan inisiatif dari Cancer Buster Community (CBC) yaitu komunitas penyintas kanker anak yang sudah dinyatakan sembuh

Istimewa
Merayakan ulang tahun ke-25 dan memperingati Hari Anak Nasional, Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) menyelenggarakan pertunjukan drama musikal "Rasa, Caring from the Heart". Acara berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta, (28/7/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) menyelenggarakan pertunjukan drama musikal "Rasa, Caring from the Heart"  di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Drama ini mengisahkan seorang anak penderita kanker bernama Rasa dalam berjuang mengalahkan penyakitnya, hingga ia mendapatkan kesempatan kedua dalam hidupnya.

Pertunjukan ini merupakan inisiatif dari Cancer Buster Community (CBC) yaitu suatu komunitas yang anggotanya terdiri dari para penyintas kanker anak yang sudah dinyatakan sembuh.

Cerita yang diangkat pada drama musikal “Rasa, Caring from the Heart" terinspirasi dari kisah nyata para survivor kanker anak yang tergabung dalam CBC. Pertunjukan ini khusus didedikasikan untuk para pasien kanker anak di seluruh Indonesia.

Ketua YOAI, Rahmi Adi Putra Tahir menjelaskan, selain masyarakat umum, YOAI mengundang sekitar 200 pasien kanker anak yang saat ini tengah berjuang untuk sembuh, beserta keluarganya untuk hadir di pertunjukan drama musikal ini, sebagai dukungan moral untuk mereka.

"Melalui pertunjukan ini, YOAI ingin menyebarkan pesan bahwa kanker pada anak itu dapat diobati dan diusahakan sembuh bila dideteksi atau diobati sejak dini. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan dukungan, tak hanya dari sisi medis saja tetapi dukungan dari keluarga dan lingkungan terdekatnya. Dengan adanya dukungan itu 50% kesembuhan sudah tercapai. Dukungan sangat penting karena saya merasakan sendiri," ujar Rahmi yang merupakan orangtua survivor kanker dan kemudian mendirikan YOAI, Sabtu.

Baca: Sedang Berjuang Lawan Kanker, Kim Woo Bin Masih Sempat Berikan Hadiah Untuk D.O EXO

Anak-anak yang berhasil sembuh dari kanker, dapat hidup normal untuk bisa bersekolah layaknya anak tanpa kanker.

"Drama musikal ini memang didedikasikan untuk semua pasien kanker anak agar mereka punya motivasi kuat untuk sembuh," imbuhnya.

Drama Musikal "Rasa, Caring from the Heart" disutradarai Rama Soeprapto yang berpengalaman menggelar acara serupa melalui sanggar Opera Jelajah Anak Indonesia (OJAI).

Menurut Rama, "Ini adalah pertunjukan dari kita untuk kita. Pertunjukan tentang perjuangan hidup, cinta kasih, persahabatan, dan kebahagiaan. Kita semua bisa membantu mereka, para pasien kanker anak, bahkan hanya dengan memberikan buku gambar dan crayon mereka sudah sangat gembira."

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved