Pilpres 2019

Sarinah Alami Kerusakan Usai Aksi Massa 22 Mei

Kerusakan banyak terlihat di sisi utara Sarinah yang berhadapan dengan Gedung Djakarta Theatre. Jendela sebuah pos parkir tampak pecah.

Sarinah Alami Kerusakan Usai Aksi Massa 22 Mei
(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
Sejumlah orang yang merupakan bagian peserta aksi unjuk rasa di depan kantor Bawaslu masih bertahan di depan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) malam, meski demontrasi rasa telah bubar. Mereka sempat memprovokasi polisi dengan melancarkan sorakan dan teriakan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kerusuhan yang terjadi di depan Kantor Bawaslu RI pada Rabu (22/5/2019) malam menyisakan sejumlah kerusakan di pusat perbelanjaan Sarinah yang berada di seberang Bawaslu.

Berdasarkan pantauan pada Kamis (23/5/2019) pagi, kerusakan banyak terlihat di sisi utara Sarinah yang berhadapan dengan Gedung Djakarta Theatre. Jendela sebuah pos parkir tampak pecah.

Tak jauh dari sana, terlihat lubang yang menganga menandakan paving block area parkir yang dicabuti massa.

Massa sepertinya melakukan hal itu untuk mendapatkan kerikil dan batu yang dilemparkan ke arah polisi. Sebuah bidang tembok di bawah gerai McDonalds juga tampak jebol menyisakan puing-puing.

Pot-pot bunga yang berada di sisi utara gedung juga tampak rusak dipereteli massa.

Baca: Terminal TransJakarta Slipi Kemanggisan Alami Kerusakan

Lemparan batu juga merusak sejumlah neon box hingga pecah dan tampak jebol. Selain itu plang nama Sarinah yang berada di sisi barat laut gedung juga rusak.

Plang berwarna merah yang sebelumnya bertuliskan 'Sarinah' kini tinggal bertuliskan 'inah'.

Adapun, sampah sisa-sisa kerusuhan berupa pecahan batu dan botol serta sisa makanan tampak berserakan di area parkir dan tengah dibersihkan petugas.

Gas air mata yang masih terasa perih di sekitar Sarinah membuat petugas melaksanakan tugasnya dengan olesan pasta gigi di wajahnya. Hingga pukul 09.20, belum ada tanda-tanda Sarinah akan dibuka untuk umum setelah tutup pada Rabu kemarin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pascarusuh 22 Mei, Sarinah Dipenuhi Sampah hingga Plang Rusak" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved