Lebaran 2019

850 Personel Dishub DKI Kawal Takbir Keliling Nanti Malam di Jakarta

Rekayasa lalu lintas di Ibu Kota saat malam takbiran nanti akan dilakukan secara situasional.

850 Personel Dishub DKI Kawal Takbir Keliling Nanti Malam di Jakarta
Surya/HAYU YUDHA PRABOWO (HAY)
Peserta pawai lampion dan takbir keliling melintasi garis start di Jalan Mayjen Panjaitan, Kota Malang, Selasa (21/8/2018). Pawai Lampion dan Takbir Keliling yang diikuti ratusan peserta ini digelar Karang Taruna Kelurahan Penanggungan untuk menyambut hari raya Idul Adha. (SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 850 personelnya untuk mengamankan jalannya takbir keliling di sejumlah titik Ibu Kota malam ini.

Menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, pengerahan petugas dinas tersebut sesuai dengan intruksi Gubernur DKI Anies Baswedan mengenai pengamanan malam takbiran di sejumlah wilayah.

Ia menyebutkan, rekayasa lalu lintas di Ibu Kota saat malam takbiran nanti akan dilakukan secara situasional.

"Rekayasa lalu lintas sifatnya hanya situasional. Dinas Perhubungan memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan takbir keliling di wilayahnya berupa pemanduan dan pengawalan petugas. Sehingga pelaksanaan nya dapat tertib, aman dan berkeselamatan," kata Sigit saat dikonfirmasi, Selasa (4/6/2019).

Baca: Masyarakat Arab Saudi Rayakan Idul fitri Hari Ini

Menurut Sigit, masyarakat bisa melapor kepada lurah di wilayahnya jika ingin melaksanakan takbir keliling. Hal ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan takbir keliling tersebut berlangsung tertib dan aman.

"Masyarakat bisa melaporkan kepada Lurah setempat jika ingin lakukan kegiatan takbir keliling untuk kemudina difasilitasi Dishub. Ada 850 personel Dishub yang ditugaskan untuk giat dimaksud dari tingkat Dinas, Sudin maupun Satpel Hub Kecamatan," ungkapnya.

Diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak menganjurkan masyarakat untuk menggelar takbir keliling.

Baca: Sejarah dan Tradisi Makan Ketupat di Hari Raya Idul Fitri

Namun, jika memang kegiatan tersebut tetap dilakukan, orang nomor satu di Ibu Kota ini tidak melarang. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang kenggelar kegiatan tersebut agar berkordinasi kepada lurah-lurah di wilayahnya.

"Kegiatan takbiran memang secara tradisional memiliki tradisi untuk berkeliling. Dulu berkeliling kampung bawa obor, sekarang berkeliling menggunakan kendaraan. Yang utama adalah keselamatan, jangan melakukan hal yang bersiko pada keselamatan," kata Anies, Senin (3/6/2019) lalu.

"Jadi yang mau mengadakan takbiran keliling, itu koordinasi dengan lurah. Nanti kita bantu kawal dengan Dishub sehingga tertib dan rapih. Nanti rutenya ditentukan dishub sehingga ada ketertiban dan kerapihan," tegasnya.


Penulis: Pebby Ade Liana
Artikel ini tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Dishub DKI Kerahkan 850 Personel Kawal Takbir Keliling Nanti Malam

Editor: Choirul Arifin
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved