Anggaran Formula E Membengkak, Ini Penjelasan Ketua DPRD Jakarta

Ketua DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menjelaskan bahwa perubahan tersebut terjadi karena adanya pergerakan nilai tukar rupiah dengan poundsterling

Anggaran Formula E Membengkak, Ini Penjelasan Ketua DPRD Jakarta
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Gubernur Anies Baswedan dan Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi jelang rapat paripurna DPRD Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakpus, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggaran penyelenggaraan Formula E yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang di Jakarta diketahui mengalami pembengkakan.

Dalam draf APBD Penyempurnaan dan Penyesuaian Hasil Evaluasi Raperda dan Rapergub APBD Tahun Anggaran 2019, anggaran yang tercantum dalam anggaran kegiatan program destinasi pariwisata di Jakarta bernama "Partisipasi Event Olahraga Internasional di Dalam Negeri" di kanal Rincian Plafon Anggaran Tahun Anggaran 2019 itu awalnya sebesar Rp 3,69 miliar.

Kemudian dalam pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD-P 2019, anggaran membengkak menjadi Rp349,7 miliar dan terakhir bahkan mencapai Rp 360 miliar.

Baca: Polisi Ringkus Pelaku Penembak Anjing di Tangerang yang Viral

Ketua DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menjelaskan bahwa perubahan tersebut terjadi karena adanya pergerakan nilai tukar rupiah dengan poundsterling di mana untuk menyelenggarakan ajang tersebut Pemprov Jakarta harus menyerahkan ‘commitment fee’ sebesar 20 Juta Poundsterling kepada FIA selaku penyelenggara.

“Angka itu kan bergantung pada pergerakan nilai tukar rupiah dengan poundsterling, kemarin yang diajukan sekarang bisa beda, tinggal kesepakatan dewan dan Pemprov Jakarta,” ungkap Prasetyo jelang rapat paripurna di Gedung DPRD Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakpus, Rabu (14/8/2019).

Prasetyo sendiri mendukung penyelenggaraan Formula E di Jakarta sebagai kampanye penggunaan kendaraan bermotor listrik dengan tujuan mengurangi polusi ibukota.

Baca: Polisi Sita Barang Ilegal Senilai Rp 67 Miliar, Mulai dari Kosmetik Hingga Suku Cadang Kendaraan

Serta untuk meningkatkan roda ekonomi di Jakarta yang diperkirakan mencapai angka Rp 1,2 triliun dengan penyelenggaraan acara tersebut.

Sempat dikritik dengan rencana itu, Prasetyo mengajak semua pihak untuk melihat sisi positif dari penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Baca: 50 Anggota DPRD Kota Semarang Dilantik, 17 Diantaranya Wajah Baru

“Mari kita bangun Jakarta dari semua sisi mulai dari pariwisata, kebudayaan, dan kalau lihat Singapura itu meningkatkan ekonomi dengan penyelenggaraan event balap mobil di sana,” pungkasnya.

Anggaran Rp 360 miliar untuk penyelenggaraan Formula E tersebut sudah masuk dalam KUPA-PPAS 2019 yang disahkan dalam rapat paripurna DPRD Jakarta hari ini.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved