Bus TransJakarta di mata Emak-Emak ibukota

Sejumlah “emak-emak metropolitan” pengguna busway angkat bicara mengenai transportasi publik yang dikelola TransJakarta,menjelang Hari Pelanggan Nasio

Bus TransJakarta di mata Emak-Emak ibukota
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Sejumlah emak-emak metropolitan pengguna busway angkat bicara mengenai transportasi publik yang dikelola TransJakarta, menjelang Hari Pelanggan Nasional 4 September 2019 ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Sejumlah “emak-emak metropolitan” pengguna busway angkat bicara mengenai transportasi publik yang dikelola TransJakarta, menjelang Hari Pelanggan Nasional 4 September 2019 ini. 

Etty Herawati, sarjana ilmu komunikasi perguruan tinggi terjenal di Jakarta menyatakan Trans Jakarta adalah alat transportasi ibukota yang murah dan disiplin. Namun, perlu tambahan armada di jam sibuk dan jalur yang lebih panjang.

“Pada jam sibuk perlu tambahan armada karena sering lama menunggu. Begitu bus datang tak bisa naik lagi,” tutur Etty Herawati.

Demikian juga dengan jalur, perlu ditambah. “Saya tinggal di Cibubur, tapi busway baru sampai Bumi Perkemahan Pramuka. Saya harap diadakan sampai Cileungsi,” pinta Etty Herawati.

Warga naik Bus Transjakarta.
Warga naik Bus Transjakarta. (Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

“Soal disiplin sudah bagus. Tidak berhenti sembarangan, pengemudi bawa mobil dengan tenang,” masih kata Etty Herawati.

Ratna Rasiana Sari, emak-emak yang baru sebulan pensiun dari jabatan kepala SMP Triguna, Depok, mengaku rutin naik busway. “Murah. Sekali bayar bisa ke mana saja,” jelas Ratna Rasiana Sari.

Namun kini, ia merasa naik turun tangga halte busway melelahkan. “Buat orang tua seperti saya, Trans Jakarta perlu menyediakan eskalator atau lift,” pinta Ratna Rasiana Sari.

Sejumlah emak-emak metropolitan pengguna busway.
Sejumlah emak-emak metropolitan pengguna busway. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Maryam Bachmid, ibu rumah tangga yang tinggal di Kompleks Nyiur Melambai, Plumpang, Jakarta Utara, memilih busway karena aman dan nyaman.

“Walaupun kadang banyak copet, terutama di jam padat, tapi saya merasa busway masih jauh lebih aman dari moda transportasi lainnya,” kata mantan wartawan majalah terkemuka terbitan Ibukota itu.

Menjelang Hari Pelanggan Nasional besok, Maryam berharap Trans Jakarta memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan konektifitas busway dengan MRT, LRT, dan KRL.

Emak-emak naik Bus TransJakarta.
Emak-emak naik Bus TransJakarta. (Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)
Halaman
12
Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved