Breaking News:

Mulai Besok, Smart SIM sudah Bisa Dimiliki Masyarakat

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, SIM lama masih bisa dipakai masyarakat sampai habis masa berlakunya.

Wartakota/henry lopulalan
SMART SIM -- Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik, setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Inovasi Korlantas Polri ini diharapkan semakin memudahkan pemegang SIM dalam melakukan pembayaran tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat.---Warta kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi siapa saja yang membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi ( SIM) mulai Minggu 22 September 2019, akan mendapatan SIM model baru, yaitu Smart SIM atau SIM pintar.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, SIM lama masih bisa dipakai masyarakat sampai habis masa berlakunya.

“SIM lama yang belum habis masa berlakunya tetap dimanfaatkan dan tetap menjadi pemilik yang bersangkutan,” katanya usai acara peluncuran Smart SIM Minggu (22/9/2019) di Hall Basket Senayan, Jakarta.

“Akan tetapi jika sudah habis masa berlakunya, harus diperpanjang, nanti akan mendapat SIM terbaru yaitu Smart SIM,” ucap Refdi.

Baca: Lemkapi Apresiasi Inovasi dan Peluncuran Smart SIM oleh Korlantas Polri

Jenderal bintang dua itu menambahkan, pihaknya bakal mempercepat proses distribusi Smart SIM ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Sebab saat ini Smart SIM baru tersedia di Ibukota Provinsi terlebih dahulu.

“Karena material SIM yang lama juga masih ada, kami secara bertahap juga akan mengirimkan ke Polres-polres di daerah,” ujarnya.

Begitu juga soal prosedur pembuatan atau bahkan kehilangan SIM. Menurut Refdi, hal tersebut masih mengacu pada aturan yang sudah ada sebelumnya.

“Soal pembuatan baru atau SIM hilang tidak ada perubahan dalam prosedural SIM secara umum, semua masih sama dengan yang sebelumnya,” kata Refdi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasib SIM Lama Setelah Muncul Smart SIM".

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved