Breaking News:

GPSK dan Permabudhi Inisiasi Gerakan #BebasPlastikIndonesiaCantik di Car Free Day

Kegiatan yang diikuti 1500 orang ini mengajak masyarakat menjaga kebersihan di sekitar lingkungan, terutama dengan cara memerangi sampah plastik

Editor: Choirul Arifin
IST
Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) menginisiasi gerakan #BebasPlastikIndonesiaCantik di arena Car Free Day di sepanjang Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat dan Jl Soedirman, Jakarta, Minggu (6/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) menginisiasi gerakan #BebasPlastikIndonesiaCantik di arena Car Free Day di sepanjang Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat dan Jl Soedirman, Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Kegiatan yang diikuti 1500 orang ini mengajak masyarakat menjaga kebersihan di sekitar lingkungan, terutama dengan cara memerangi sampah plastik, memungutnya dan mengurangi penggunaanya dalam hidup keseharian.

Acara ini didukung Ditjen Bimas Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia dengan pelepasan peserta ditandai dengan pengenaan rompi kepada perwakilan peserta oleh Menteri Agama Republik Indonesia di Kantor Kementerian Agama Thamrin.

Ketua Umum Permabudhi Arief Harsono mengatakan, acara ini merupakan wujud pengamalan ajaran Buddha mengenai tidak terpisahkannya manusia dan lingkungan.

"Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab manusia. Bukan saja tugas petugas, namun tanggung jawab kita semua untuk menjaga lingkungan ini demi generasi hari ini dan akan datang,” katanya.

Ketua Umum Permabudhi Arief Harsono
Ketua Umum Permabudhi Arief Harsono

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Kementerian Agama (Kemenag) Caliadi mengatakan, kegiatan ini bagus untuk menjaga Kota Jakarta semakin indah dan asri.

"Kementerian Agama mendukung kegiatan ini. Kebersihan bukan lagi pilihan tapi juga keharusan.
Gerakan ini mulai masif sekarang ini dilakukan oleh masyarakat. Di daerah, gerakan membersihkan sampah plastik juga mulai dilakukan. Kita harapkan ini bisa jadi gerakan peduli lingkungan," ungkap Caliadi.

Serentak di berbagai daerah

Menariknya, kegiatan serupa juga diadakan secara serentak oleh umat Buddha di berbagai daerah seperti di Makassar dan Papua. "Kita lakukan serentak pagi ini," ujar Arief Harsono.

Dia menambahkan, ke depan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari program acara Wahana Negara Raharja 2019 yang merupakan paket acara memperingati hari jadi Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia yang ke 55 tahun 2019.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved