Polemik APBD DKI Jakarta

Anggota BK DPRD DKI Fraksi PSI Tegaskan Belum Ada Vonis Bersalah untuk William Aditya Sarana

Anggota BK DPRD DKI fraksi PSI, August Hamonangan mengungkapkan bahwa belum ada vonis untuk anggota DPRD fraksi PSI William Aditya Sarana.

Anggota BK DPRD DKI Fraksi PSI Tegaskan Belum Ada Vonis Bersalah untuk William Aditya Sarana
KOMPAS.com/RYANA ARYADITA UMASUGI
William Aditya Sarana, Anggota DPRD DKI periode 2019 - 2024 dari PSI. 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI fraksi PSI, August Hamonangan mengungkapkan bahwa belum ada vonis bersalah untuk anggota DPRD fraksi PSI William Aditya Sarana.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh August Hamonangan dalam acara Kompas Petang yang kemudian diunggah oleh kanal YouTube KompasTV, Jumat (29/11/2019).

"Saya mau menyampaikan sedikit klarifikasi dan menjernihkan bahwa belum ada vonis bersalah terhadap bro William," jelas August Hamonangan.

August mengatakan bahwa yang ada adalah rekomendasi dari Badan Kehormatan (BK) yang diberikan kepada ketua DPRD.

August PSI
Anggota Badan Kehormatan DPRD fraksi PSI August Hamonangan saat telewicara dengan KompasTV.

Dari surat rekomendasi tersebut ada beberapa poin yang disepakati bersama, yakni yang dilakukan oleh William adalah fungsi dari penguatan dewan.

"Tapi yang jelas dari surat rekomendasi ada beberapa poin yang kita sepakati, artinya bahwa apa yang dilakukan William ini adalah sebagai fungsi penguatan dewan," terang August.

Dalam kode etik keputusan DPRD Nomor 34 Tahun 2006 anggota DPRD dalam melakukan hubungan kemitraan dengan eksekutif harus kritis, adil, dan profesionaliltas.

"Jadi penguatan fungsi dewan ini yang mana diharuskan di dalam kode etik keputusan DPRD Nomor 34 Tahun 2006, bahwa dalam melakukan hubungan kemitraan dengan eksekutif itu dewan anggota DPRD harus kritis, adil, dan dia harus profesional," ungkap August.

Tiga hal tersebut yang akhirnya menjadi kesepakatan semua anggota BK.

"Nah tiga hal ini kita sepakati semua anggota badan kehormatan setuju dengan apa yang dilakukan terkait dengan kritis, stabil dan profesional," jelas August.

Halaman
12
Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved