KLHK dan PT KCI Resmikan Stasiun Ramah Lingkungan

KLHK bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meresmikan stasiun ramah lingkungan yang bertempat di Stasiun Sudirman

KLHK dan PT KCI Resmikan Stasiun Ramah Lingkungan
Larasati Dyah Utami
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meresmikan stasiun ramah lingkungan yang bertempat di Stasiun Sudirman, Selasa (17/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meresmikan stasiun ramah lingkungan yang bertempat di Stasiun Sudirman, Selasa (17/12/2019).

Kepala Pusat Standardisasi Lingkungan KLHK Noer Adi Wardojo mengapresiasi PT KCI karena telah berkomitmen mewujudkan Stasiun Ramah Lingkungan yang merupakan bagian dari penerapan Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-Pos Fasilitas Publik (SPM-FP).

"KLHK mengucapkan terima kasih dan selamat kepada PT KCI atas komitmennya menerapkan Stasiun Ramah Lingkungan berdasarkan standar pelayanan masyarakat pos fasilitas publik," ujar Noer.

Konsep penerapan Stasiun Ramah Lingkungan berdasarkan SPM-FP tidak hanya terfokus pada perbaikan sarana dan manajemen.

Baca: VIRAL Video Petugas Keamanan Dorong Penumpang KRL, Ini Klarifikasi PT KCI

Stasiun ramah lingkungan juga mengedukasi kepada pengguna stasiun terkait perilaku ramah lingkungan menuju konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab yang selaras dengan Sustainable Development GoalsTarget 12.8.

Adapun tiga stasiun utama yang mulai menerapkan Stasiun Ramah Lingkungan adalah Stasiun Sudirman, Stasiun Klender, dan Stasiun Jurangmangu.

Beberapa hal yang menjadi standar di stasiun ramah lingkungan berdasarkan SPM-FP, yaitu efisiensi air, efisiensi energi, efisiensi material, pengelolaan sampah, penghijauan, serta penyampaian informasi dan edukasi untuk perilaku ramah lingkungan kepada pengguna kereta commuter line.

"Stasiun Commuter Line ini dapat menjadi tempat belajar bagi stasiun lainnya dan fasilitas publik lain, sehingga mampu meningkatkan jumlah fasilitas publik yang ramah lingkungan," ujarnya.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved