PAN: Wagub DKI Harus Selevel Sandiaga Uno

Sosok wagub DKI juga dituntut paham soal permasalahan Jakarta mulai dari geografis, sejarah hingga Peraturan Daerah strategis di ibu kota.

PAN: Wagub DKI Harus Selevel Sandiaga Uno
Tribun Jakarta
Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani M.Sc menyebut partner Anies Baswedan di kursi pimpinan DKI mesti punya kualifikasi setara pendahulunya, Sandiaga Uno.

Sosok wagub DKI juga dituntut paham soal permasalahan Jakarta mulai dari geografis, sejarah hingga Peraturan Daerah (Perda) strategis di ibu kota.

"Harus paham mengenai DKI Jakarta, geografis, sejarah dan perda strategis di DKI. Paling tidak skalanya tidak kalah seperti Pak Sandiaga Uno, kalau Pak Sandiaga sepuluh, paling tidak Cawagub DKI itu harus sembilan nilainya," ujar Zita kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Politikus PAN ini mengatakan kedua kandidat cawagub DKI mestinya tidak takut jika banyak aspirasi menginginkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Apalagi PKS dan Gerindra masing-masing mengklaim kedua sosok cawagub adalah sosok terbaik.

Baca: 33 Emak-emak Berpakaian Oranye Berdemo di Depan Balai Kota DKI Jakarta

Baca: Ancam Polisikan Anies Terkait Revitalisasi, Ketua DPRD DKI Marah Lihat Ini di Pintu Depan Monas

Uji kepatutan dan kelayakan juga dirasa penting karena jadi cara membuktikan keseriusan, sekaligus mengetahui pemikiran mereka saat menghadapi masalah.

"Kenapa ada yang tidak setuju? Itu justru jadi pertanyaan publik. Katanya calonnya top. Katanya sudah pasti orang-orang terbaik. Kenapa takut ada fit and proper test?," ungkap putri Zulkifli Hasan ini.

Selain PAN, PSI jadi salah satu fraksi di DPRD DKI yang mendukung penuh diadakannya uji kepatutan dan kelayakan bagi dua kandidat wagub DKI.

Mereka menyebut hal ini mampu jadi edukasi publik khususnya rakyat Jakarta bagaimana kualitas pemimpinnya di masa mendatang.

Jika benar dilakukan, salah satu proses yang akan ditanya PSI yakni seputar komitmen terhadap NKRI, Pancasila dan pro toleransi.

"Iya ideologinya akan kami perdalam dalam uji terbuka itu ialah mengenai komitmen terhadap bagaimana NKRI, Pancasila, dan sebagainya. Apalagi pro toleransi," ungkap Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Idris Ahmad.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved