Breaking News:

Formula E Dilarang Digelar di Monas: Jakpro Cari Alternatif Lain dan Alasan Kemensetneg

Rencana DKI gelar Formula E di kawasan Monas kandas. Jakpro pun cari alternatif lain

Kompas.com
Suasana proyek revitalisasi di Taman Sisi Selatan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020). Ratusan pohon ditebang terkait dengan proyek revitalisasi ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sekratariat Negara (Kemensetneg) menentang rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar ajang balap Formula E di dalam kawasan Monumen Nasional (Monas).

Karena itu, PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penyelenggara Formula E tengah mengodok beberapa rute lain untuk lintasan balap.

Ia pun menyarankan Pemprov DKI untuk menyulap sejumlah ruas jalan di sekitar kawasan Monas menjadi lintasan balap Formula E.

"Iya (harus dikaji ulang sirkuitnya). Mungkin sirkuitnya jadi di Merdeka Selatan atau dekat situ," ucapnya, Kamis (6/2/2020).

"Saya kurang tahu pasti, harus lihat kajian dulu," tambahnya menjelaskan.

Dijelaskan Pandapotan, awalnya lintasan balap atau sirkuit Formula E memang dirancang melewati sebagian kawasan Monas.

"Jadi sebenarnya kalau enggak salah formasi Formula E itu yang mau ditata itu di lahan yang sudah di aspal, salah satunya di dalam (Monas)," ujarnya saat dikonfirmasi.

"Kan luar dalam (sirkuitnya) dari Tugu Tani, putarannya Formula E," tanbahnya menjelaskan.

Saat pembahasan anggaran di DPRD, Pandapotan pun menyebut, pihak JakPro sempat memaparkan rancangan pembuatan sirkuit Formula E tersebut.

Namun, saat itu DPRD DKI tidak mengkritik rencana tersebut lantaran JakPro dan jajaran Pemprov DKI menjamin tidak akan menggangu cagar budaya tersebut.

Halaman
1234
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved