Virus Corona

Terjadi Penumpukan Penumpang di Stasiun dan di Gerbong, Jadwal KRL Dinormalkan Kembali

Kepadatan penumpang yang terjadi akibat pembatasan jam operasional KRL Commuter Line membuat PT KCI akhirnya mengembalikan jadwal operasional.

Terjadi Penumpukan Penumpang di Stasiun dan di Gerbong, Jadwal KRL Dinormalkan Kembali
KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO
Para pengguna KRL menunggu kereta tujuannya di Stasiun Tanahabang, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020). PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta melakukan rekayasa terhadap perjalanan commuter line atau kereta rel listrik (KRL) selama sebelas 11 hari mulai Kamis (13/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dodi Esvandi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepadatan penumpang yang terjadi akibat pembatasan jam operasional KRL Commuter Line membuat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akhirnya mengembalikan jam operasional KRL kembali seperti semula.

Mulai Senin (23/3/2019) sore pukul 15.00 jadwal perjalanan KRL akan normal seperti biasanya.

Dengan normalisasi jadwal ini, KRL akan kembali beroperasi melayani 991 perjalanan per hari mulai pukul 04:00 hingga 24:00 WIB.

Hal ini berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

Baca: Transportasi Publik di Jakarta Dibatasi, Berikut Skema Pengaturan MRT, LRT, Transjakarta, dan KRL

Baca: Peralatan Kesehatan yang Diangkut Pesawat Hercules dari Tiongkok Dibawa Dengan Truk Besar

Baca: Cara Gojek Ringankan Beban Mitra Driver Saat Wabah Corona, Bantuan Pendapatan dan Hentikan Cicilan

Para penumpang menggunakan masker kesehatan saat menumpang KRL Commuterline rute Serpong-Tanah Abang di Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020). Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta memaparkan secara internal potensi risiko kontaminasi terbesar virus corona atau Covid-19 terjadi di dalam KRL, terutama rute Bogor-Jakarta Kota. Warta Kota/Alex Suban
Para penumpang menggunakan masker kesehatan saat menumpang KRL Commuterline rute Serpong-Tanah Abang di Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020). Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta memaparkan secara internal potensi risiko kontaminasi terbesar virus corona atau Covid-19 terjadi di dalam KRL, terutama rute Bogor-Jakarta Kota. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

"Dengan normalisasi jadwal ini, kami mengimbau pengguna untuk tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. Jadwal KRL kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak," jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba.

Sebelumnya PT KCI melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona pada transportasi publik, khususnya KRL Commuter Line.

Salah satunya adalah membatasi dan mengurangi jadwal perjalanan KRL dari biasanya mulai pukul 04.00 hingga pukul 24.00, menjadi pukul 06.00 hingga pukul 20.00.

Sayangnya pembatasan jam operasional dan pengurangan jumlah perjalanan KRL itu justru menimbulkan kepadatan di stasiun maupun di dalam gerbong KRL yang makin berpotensi bagi penyebaran virus corona.

Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved