Breaking News:

Virus Corona

Pembatalan 28 Perjalanan KA Jarak Jauh Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19

Pembatalan 28 perjalanan KA ini sebagai sebuah langkah PT KAI, dalam memutus rantai dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Calon Penumpang Kereta Api Jarak Jauh, menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengurangi sejumlah perjalanan kereta api (KA) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah, yaitu masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, membatalkan 28 perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh mulai 1 April hingga 1 Mei 2020.

Hal ini disebutkan sebagai sebuah langkah PT KAI, dalam memutus rantai dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan kebijakan ini tentunya sesuai dengan arahan pemerintah, yaitu agar masyarajat mengurangi mobilitas di luar rumah.

"Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut, dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100 persen," ucap Eva dalam keterangannya, Minggu (28/3/2020).

SUASANA STASIUN TANAH ABANG - Penumpang kereta commuter Line, di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, sedang menunggu KRL yang akan membawa mereka ke tempat tujuan, Jumat (27/3/2020). Suasana di stasiun ini terlihat sedikit lengang tidak seperti biasanya, ini sebagai efek domino dari penyebaran wabah Covid-19, yang membuat orang khawatir naik kereta api, WARTA KOTA/Nur Ichsan
SUASANA STASIUN TANAH ABANG - Penumpang kereta commuter Line, di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, sedang menunggu KRL yang akan membawa mereka ke tempat tujuan, Jumat (27/3/2020). Suasana di stasiun ini terlihat sedikit lengang tidak seperti biasanya, ini sebagai efek domino dari penyebaran wabah Covid-19, yang membuat orang khawatir naik kereta api, WARTA KOTA/Nur Ichsan (WARTA KOTA/WARTA KOTA/Nur Ichsan)

"Kami juga mengimbau agar calon penumpang melakukan pembatalan tiket secara online, di aplikasi KAI Access guna mencegah adanya titik kumpul atau antrean di stasiun," lanjut Eva.

Ia menambahkan, proses pembatalan juga dapat dilakukan di loket Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang.

"Kami tentunya memberikan informasi apabila tiket yang dibeli calon penumpang di batalkan, melalui layanan informasi pelanggan," kata Eva.

Baca: Paksa Mandikan Jenazah Covid-19, Satu Keluarga Demam, Nafa Urbach Geram: Masih Berani Ngeyel?

Baca: Jangan Pernah Isi Daya Powerbank Lewat Lubang USB dalam Bus, Ini Bahaya yang Mengintai

Eva juga menyebutkan, saat ini volume penumpang tidak sepadat di waktu normal bahkan jauh menurun.

"Untuk stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta, rata-rata terdapat penurunan volume hingga 70 persen," ujar Eva.

Halaman
1234
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved