Breaking News:

Virus Corona

Fitur GrabBike Masih Bisa Digunakan di Wilayah Sekitar Jakarta saat PSBB

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, fitur GrabBike tetap masih bisa digunakan pengguna di wilayah sekitar Jakarta.

Blog Grab Indonesia
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah provinsi DKI Jakarta melarang ojek online untuk mengangkut penumpang selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) berlangsung.

Melalui Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020, larangan tersebut mulai berlaku hari ini, Jumat (10/4/2020).

Merespon hal tersebut, aplikasi ride hailing Grab memutuskan untuk menghentikan sementara fitur GrabBike di wilayah Jakarta.

Baca: Festival Kembang Api Terbesar di Jepang Juli 2020 Dibatalkan

Baca: MAKI Gugat Perppu Jokowi soal Corona ke MK

Kendati demikian, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, fitur GrabBike tetap masih bisa digunakan pengguna di wilayah sekitar Jakarta.

"Layanan GrabBike masih dapat melayani penumpang di kota-kota sekitar DKI Jakarta seperti Depok, Tangerang dan Bekasi serta kota-kota lainnya di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat.

Selain itu, untuk mengantisipasi permintaan transportasi penumpang di Jakarta, Grab telah menyediakan tambahan armada GrabCar.

"Kami telah menyiagakan 1.000 armada khusus berupa mobil GrabCar yang dilengkapi dengan partisi plastik antara kursi pengemudi dan penumpang," tutur Neneng.

Lebih lanjut, Neneng memastikan berbagai fitur lain yang menggunakan motor, seperti jasa pengiriman barang dan makanan tetap dapat dinikmati pengguna di Jakarta.

"Berbagai layanan Grab, pengiriman makanan, pengiriman barang, GrabMart, akan tetap beroperasi untuk melayani penduduk DKI Jakarta," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ojol dilarang mengangkut penumpang selama penerapan PSBB di Jakarta. Ojol hanya boleh mengangkut barang.

"Ojek online boleh untuk mengantar barang, tapi tidak untuk mengantar orang," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Anies menyampaikan, larangan ojek online mengangkut penumpang selama masa PSBB diatur dalam pergub mengenai penerapan PSBB.

Lebih lanjut, pergub itu merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PPSB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Pergub harus sesuai dengan rujukan, maka kami mengatur ojek online sesuai pedoman pada Permenkes Nomor 9 Tahun 2020," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB, Fitur GrabBike Masih Bisa Digunakan di Wilayah Sekitar Jakarta"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved