Breaking News:

Lebaran 2020

Antisipasi Mudik Lokal, Kemenhub Perketat Pengawasan Wilayah Jabodetabek

Menurut Adita, pengetatan pengawasan ini dilakukan dengan menambah cek poin, dan personil di lapangan saat hari raya lebaran

Tribunnews/Dany Permana
Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan, melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), memperketat pengawasan perbatasan wilayah Jabodetabek untuk mengantisipasi adanya mudik lokal saat Lebaran.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang melakukan mudik lokal di satu wilayah.

Baca: Masjid Tutup, Warga Villa Nusa Indah Manfaatkan Pendopo untuk Salat Id Berjamaah

"Tentunya pengetatan pengawasan ini dilakukan untuk mencegah, penyebaran virus corona atau Covid-19 lebih meluas," kata Adit saat dikonfirmasi, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Adita, pengetatan pengawasan ini dilakukan dengan menambah cek poin, dan personil di lapangan saat hari raya lebaran.

Adita juga menjelaskan, sebetulnya dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020, di wilayah aglomerasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pergerakan transportasi masih diizinkan.

Baca: Kasus Infeksi Afghanistan Melonjak Jelang Liburan Idul Fitri

"Hanya saja, saat Idul Fitri aktivitas berkumpul dengan keluarga di wilayah aglomerasi itu dikhawatirkan akan membludak," kata Adita.

Maka dari itu, lanjut Adita, untuk mudik lokal dalam Jabodetabek pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak mudik lokal dulu dan melakukan silaturahmi secara virtual.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved