Breaking News:

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghadapi atau mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2021

HERUDIN/HERUDIN
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghadapi atau mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

"Ya tentu kami siapkan rekayasa lalin kalau memang terjadi kepadatan, khususnya di hari libur Natal dan Tahun Baru," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Adapun antisipasi yang akan diterapkan opihaknya yakni skenario contraflow.

Terutama saat kendaraan melintas pada arus mudik dan balik.

Baca juga: Cegah Covid-19, Pemerintah Batasi ASN Bepergian ke Luar Daerah Saat Libur Natal dan Tahun Baru

"Skenario one way, skenario contraflow sudah kami siapkan baik pada saat arus mudik pada saat arus balik. Tapi konsen kami akan lebih kepada di tengah kota Jakarta," kata dia.

Pihaknya juga akan menggelar razia pada malam tahun baru 2021 dengan melakukan pengecekan kendaraan secara acak. Hal ini dilakukan demi mencegah kerumunan massa terjadi jelang pergantian tahun.

"Kendaraan akan kita cek secara random, sesuai arahan dengan Bapak Korlantas. Di rest area dan titik tertentu," kata dia.

Baca juga: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Jangan Sampai Terpapar Covid-19 Dulu Baru Tergantung dengan Vaksin

Sambodo juga menekankan pihaknya akan berjaga-jaga di sejumlah titik yang kerap menjadi pusat kerumunan massa jelang pergantian tahun.

"Kita jaga semua titik protokol yang selama ini (menjadi) pusat-pusat kerumunan massa. Ancol, Taman Mini, Kota Tua itu tutup pukul 17.00 WIB. Jadi memang sudah tidak ada apa-apa di malam tahun baru, (masyarakat) sebaiknya merayakan di rumah masing-masing," ujarnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved