Breaking News:

Dilaporkan ke Propam, Mahasiswa Papua Tuntut Kapolri Jenderal Sigit Copot Kapolresta Malang

Pengacara Aliansi Mahasiswa Papua, Michael Himan mengharapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas Leonardus.

Ist
Laporan itu didaftarkan oleh Aliansi Mahasiswa Papua Jabodetabek atas nama Arman Asso kepada Propam Mabes Polri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aliansi Mahasiswa Papua Jabodetabek menuntut Kapolres Kota Malang Kombes Leonardus Simamarta dipecat dari jabatannya usai melontarkan pernyataan yang diduga rasisme kepada mahasiswa Papua.

Pengacara Aliansi Mahasiswa Papua, Michael Himan mengharapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas Leonardus.

Dia bilang pelaku harus mempertanggung jawabkan ucapannya.

"Orang yang tidak tau apa-apa bisa kena juga disana atas sikap arogansi seorang Kapolres ini. sehingga kami memohon kepada Bapak Kapolri untuk segera menindaklanjuti kasus ini agar bisa mempertanggung jawabkan ucapan tersebut," kata Michael di Propam Polri, Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Kapolri, kata Michael, diminta untuk menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap Leonardus.

Tak hanya itu, Kapolres juga diminta untuk mengucapkan permintaan maaf secara terbuka.

"Ya mohon maaf dan bisa dipecat dari jabatan Kapolres tersebut," tukas dia.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Kota Malang Kombes Pol Leonardus Simarmata dilaporkan ke Propam Polri atas dugaan ujaran rasial saat pengamanan aksi unjuk rasa yang digelar sejumlah mahasiswa Papua pada 8 Maret 2021 lalu.

Laporan itu didaftarkan oleh Aliansi Mahasiswa Papua Jabodetabek atas nama Arman Asso kepada Propam Mabes Polri. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor SPSP2/815/III/2021/Bagyanduan pada tanggal 12 Maret 2021.

Baca juga: Kapolres Kota Malang Dilaporkan ke Propam Atas Dugaan Ujaran Rasial Terhadap Mahasiswa Papua

"Hari ini kami resmi dari mahasiswa Papua, kami telah melaporkan Kapolres Malang Pak Leonardus Simarmata dimana yang telah mengeluarkan insstruksi pernyataan yang sangat rasis dan diskriminatif terhadap mahasiswa Papua di Kota Malang," kata Pengacara Aliansi Mahasiswa Papua, Michael Himan di Gedung Propam Polri, Jakarta, Jumat (12/3/2021). 

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved