Breaking News:

ETLE Nasional akan Launching Bulan ini, Bisa Tilang Kendaraan Pelat Luar Kota

Program etle nasional ini kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo akan diluncurkan pada 23 Maret 2021.

Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah kendaraan saat melintas dibawah kamera Close Circuit Television (CCTV) di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan memasang 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021 untuk menerapkan tilang elektronik sesuai rencana Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan menghapus tilang oleh petugas. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya dalam waktu dekat akan meluncurkan progam tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) nasional, yang memungkinkan penindakan bagi kendaraan berplat nomor polisi dari luar Jakarta.

Program etle nasional ini kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo akan diluncurkan pada 23 Maret mendatang.

"Pada etle nasional ini mudah-mudahan nanti kita bisa (lakukan) penindakan terhadap pelat luar kota. Ini kebaruannya dari sistem etle nasional," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/3/2021) kemarin.

Baca juga: Tak Lagi Ditilang, Truk ODOL Wajib Transfer Muatan di Jembatan Timbang

Dirinya memberikan contoh terkait proses penindakan, di mana kata Sambodo nantinya Polda di setiap daerah akan terhubung dengan etle nasional ini.

Maka kata dia, jika ada kendaraan dari Jakarta melakukan pelanggaran misalnya di Surabaya atau sebaliknya, nantinya, bukti pelanggaran dan sanksi yang dilakukan akan dikirimkan langsung ke rumah yang bersangkutan.

"Atau (kendaraan) pelat F pelat L di luar Jakarta melanggar di Jakarta, surat konfirmasinya bisa kami kirim dan akan sampai ke rumah walau dia (pengendara) berada di luar kota.

Lebih lanjut Sambodo mengungkapkan, untuk tahap pertama peluncuran etle ini pada 23 Maret mendatang, akan dilakukan di 12 Polda di Indonesia terdahulu termasuk Polda Metro Jaya.

Baca juga: Bamsoet Respons Beragam Isu, Mulai dari Varian Baru Corona hingga Sistem Tilang Elektronik

Setelah itu kata Sambodo, akan ada 12 Polda lainnya yang akan menerapkan tilang elektronik serupa pada April 2021.

Nantinya akan ada total 240 kamera etle nasional di seluruh Indonesia dengan 98 kamera di antaranya akan ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Halaman
12
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved