Breaking News:

Banjir di Jakarta

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Bangun Rumah Panggung di Kampung Melayu

Pemkot Jakarta Timur memastikan akan menambah lokasi pembangunan rumah panggung di wilayah Jakarta Timur.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Puluhan rumah di RT 13 RW 4, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dibedah untuk menjadi rumah panggung demi mengatasi banjir yang kerap melanda kawasan tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur memastikan akan menambah lokasi pembangunan rumah panggung di wilayah Jakarta Timur.

Bakal ada dua lokasi lain selain rumah panggung yang sudah dibangun di Kebon Pala RT 13/04, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan pembangunan rumah panggung tak akan berhenti sampai di Kampung Melayu saja sebagai solusi wilayah yang dinilai rawan banjir.

“Setelah ini ada lagi, berikutnya di timur dapat dua kalau nggak salah. Nanti kita evaluasi, ada kajian lagi,” ungkap Anwar di SDN Pondok Kelapa 05, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

Pembangunan puluhan rumah panggung seperti di Kampung Melayu dipastikan melibatkan sektor terkait untuk memastikan kondisinya benar-benar kokoh ketika banjir datang.

“Ketika banjir itu rumah longsor, kan repot juga kita. Jadi betul betul dihitung dengan baik, untuk anggaran sekitar Rp 78 juta satu rumah,” ucapnya.

Baca juga: Rumiati, Ibu-ibu yang Di-posting Anies Saat Pamer Cipinang Melayu Bebas Banjir Kini Trauma

Menurut Anwar, pembangunan puluhan rumah panggung di Kampung Melayu karena di wilayah tersebut rawan banjir.

Selain itu tempat tinggal tersebut selama ini dijadikan industri rumahan.

“Itu pertama daerah banjir, yang kedua daerah kumuh, padat, yang ketiga di sana home industry. Orang berjual kue kering, masa sih untuk angkat usaha mikro kita nggak bantu,” tutur Anwar.

Dengan konsep rumah panggung tiga lantai itu maka warga dapat memanfaatkan bangunan tidak hanya sebagai tempat tinggal tapi juga sebagai tempat usaha menjalankan industri rumahan.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved