Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran Dilarang, Stasiun Pasar Senen Sepi Penumpang

PT KAI Daop 1 Jakarta selalu mendukung penuh apapun yang menjadi kebijakan Pemerintah mengenai mudik lebaran.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Calon penumpang Kereta Api jarak jauh, antre melakukan rapid test di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta, menghimbau untuk calon penumpang KA jarak jauh yang berencana pulang kampung untuk melakukan rapid test h-1 sebelum keberangkatan, hal tsrsebut untuk mengantisipasi membludaknya antrean. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk memperketat persyaratan mudik Lebaran, selama pra dan pasca-larangan mudik yang sebelumnya telah ditetapkan pemerintah yakni 6-17 Mei 2021.

Pengetatan persyaratan mudik Lebaran yang mulai berlaku hari ini, Kamis 22 April hingga 24 Mei 2021, tertuang dalam Addendum Surat Edaran perihal pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Dalam pengetatan persyaratan mudik lebaran, Wartakotalive.com mencoba mendatangi Stasiun Pasar Senen untuk memantau kondisi volume menumpang atas kebijakan pemerintah atas larangan mudik lebaran itu.

Hanya saja memang, penumpang yang akan melakukan perjalanan masih nampak terlihat di Stasiun Pasar Senen, meski memang berdasarkan pantauan di lokasi, volume penumpang tidak begitu banyak bahkan cenderung landai.

Baca juga: Satgas Covid-19: Larangan Mudik Hasil dari Pembelajaran Lonjakan Kasus di India

Baca juga: Teguran Zaskia Adya Mecca Soal Etika Membangunkan Sahur Viral, Direspons Positif Ketua RT

Beberapa calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api pun juga beberapa diantaranya masih menggunakan persyaratan yaitu melalui test Covid-19 baik itu Rapid Test, PCR hingga GeNose.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Charunisa mengatakan bahwa memang telah keluar surat edaran terkait perjalan KA dari Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.

Pihaknya masih menunggu terkait aturan dari SE Kemenhub.

"Saat ini kita masih menyesuaikan dengan surat edaran Kemenhub nomor 27 tahun 2021. Nanti kita sampaikan kembali jika ada hal hal yang perlu kita sosialisasikan terkait pola operasional KAI Daop 1 Jakarta," kata Eva, Jumat (23/4/2021).

Dikatakan Eva, PT KAI Daop 1 Jakarta selalu mendukung penuh apapun yang menjadi kebijakan Pemerintah mengenai mudik lebaran.

Hingga saat ini, Eva menyebut jika tidak ada penambahan perjalanan yang dilakukan oleh PT Daop 1 Jakarta.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved