Breaking News:

Piala Menpora 2021

Polisi Patroli Virtual untuk Ungkap Aktor Kerumunan The Jakmania di Bundaran HI

Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya tengah berpatroli di media sosial atau virtual police guna mengungkap aktor dari terjadinya kerumunan

KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO
Pada Minggu (25/4/2021) malam, para pendukung klub sepakbola Persija memadati Jalan MH Thamrin ke arah Bundaran Hotel Indonesia untuk merayakan kemenangan Persija di final Piala Menpora 2021. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya tengah berpatroli di media sosial atau virtual police guna mengungkap aktor dari terjadinya kerumunan para suporter Persija Jakarta pada Minggu (25/4/2021) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan patroli dunia maya itu menyasar beberapa akun media sosial yang diduga menjadi inisiator dari kejadian tersebut.

"Tetap saya sampaikan kemarin, beberapa akun akan kami lakukan pengejaran, yang memang pada saat itu apakah ada indikasi mereka mengajak massa yang lain," tutur Yusri kepada awak media di Polda Metro Jaya, Selasa (25/4/2021).

Tak hanya itu, dari adanya kejadian tersebut pihaknya juga telah memeriksa empat orang yang diduga terlibat dalam kejadian tersebut sebagai saksi.

Adapun hingga saat ini kata dia, pihaknya masih mendalami proses pemeriksaan terhadap empat orang tersebut untuk keperluan pengembangan.

"Mudah-mudahan dari sini bisa berkembang sampai kepada siapa yg menyuruh untuk sebagai aktor, untuk mengumpulkan massa massa ke sana dengan mengundang melalui media sosial, ini masih kami dalami dari tim penyidik krimsus Polda Metro Jaya," imbuhnya.

Diketahui, Polda Metro Jaya sudah mengantongi jadwal soal pemeriksaan dari unsur petinggi The Jakmania hingga petinggi di Persija Jakarta.

Baca juga: Menpora Diminta Mundur Usai Terjadinya Kerumunan Suporter Persija dan Persib

Diketahui, pemeriksaan unsur petinggi tersebut untuk mendalami apakah ada aktor utama yang mengajak para The Jakmania untuk turun dan berkerumun ke Bundaran HI usai Persija memastikan gelar Piala Menpora.

"Rencana kita akan memanggil hari rabu nanti, Ketua Jakmania (Dicky Soemarno) akan kita panggil, kita jadwalkan hari Rabu besok hadir," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Di hari yang sama, Yusri mengatakan Presiden Club Persija Mohammad Prapanca juga akan hadir dalam pemeriksaan besok.

"Kita undang untuk klarifikasi. Kita jadwalkan besok pagi untuk bisa hadir ke Ditreskrimum Polda Metro Jaya, kita ingin tahu sekarang, tim penyidik berusaha tahu apakah memang ini terorganisir untuk kumpul ini, karena sudah melanggar protokol kesehatan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kemenangan Persija dalam pergelaran kejuaraan Piala Menpora 2021 pada Minggu (25/4/2021) malam membuat para suporter mereka, The Jakmania tumpah ruah ke jalan.

Para pendukung Persija ini berkonvoi memutari jalanan Jakarta sambil bernyanyi dan berteriak di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Namun, perayaan kemenangan itu tampak tak mematuhi protokol kesehatan. Polisi pun sudah mengamankan total sebanyak 65 orang dalam perayaan tersebut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved