Breaking News:

Nova Andika Aprsiasi Ketegasan Polri Khususnya Jajaran Korlantas Mengelola Arus Mudik Kendaraan

Nova Andika mengapresiasi ketegasan Polri khususnya jajaran Korlantas dalam mengelola arus mudik kendaraan.

TRIBUNNEWS.COM/IST
Nova Andika 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika mengapresiasi ketegasan Polri khususnya jajaran Korlantas dalam mengelola arus mudik kendaraan.

Nova yang sampat berada di Pos Penyekatan Cikarang Barat, mengamati langsung proses pengaturan yang telah berlangsung sejak awal larangan mudik ditetapkan pemerintah.

"Pengelolaan Korlantas ini adalah hasil kajian yang cukup lama dan mendalam, bersama stakeholder lain yang menghasilkan kebijakan yang tidak hanya berorientasi pada manajemen arus lalu lintas, melainkan terutama fokus pada upaya mencegah penyebaran Covid-19 dari Kluster Mudik lebaran," ungkap Nova.

Anggota Polsek Beji berjaga di Pos Check Point di Jalan KH M. Usman, Kota Depok yang mengarah ke Kota Jakarta Selatan, Jumat (7/5/2021) malam. Menindaklanjuti arahan pemerintah terkait larangan mudik, Petugas gabungan Kota Depok melakukan penyekatan pemudik dimana. Sat Lantas Polres Depok menyiapkan tiga pos penyekatan dan lima pos cek poin. Warta Kota/Alex Suban
Anggota Polsek Beji berjaga di Pos Check Point di Jalan KH M. Usman, Kota Depok yang mengarah ke Kota Jakarta Selatan, Jumat (7/5/2021) malam. Menindaklanjuti arahan pemerintah terkait larangan mudik, Petugas gabungan Kota Depok melakukan penyekatan pemudik dimana. Sat Lantas Polres Depok menyiapkan tiga pos penyekatan dan lima pos cek poin. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

Menurut Nova, IBSW berharap seluruh masyarakat bisa memberikan dukungan untuk menyukseskan program penyekatan arus mudik tersebut.

Pasalnya, tujuan penyekatan dan larangan mudik tersebut sungguh mulia, yakni mencegah potensi penyebaran Covid-19, sekaligus mengatur lalu lintas managemen pergerakan barang dan jasa yang menunjang perekonomian nasional.

“Yang paling kita khawatirkan adalah terjadinya tsunami Covid-19 sebagaimana yang menjadi malapetaka besar di India, yang membuat pemerintah negara itu kewalahan dan nyaris menyerah. Kita tentu berdoa agar bencana seperti itu tidak terjadi, namun tentu saja harus menjauhi segala peluang yang bisa memungkinkan penyebaran Covid-19,” kata Nova.

Lebih lanjut Nova menyatakan mewakili masyarakat menyampaikan simpati kepada seluruh jajaran Polri, terutama Korlantas, yang akan sangat sibuk melakukan penyekatan guna memastikan kian kecilnya peluang terjadinya penyebaran Covid-19 karena lautan massa pemudik, berhasil dengan baik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menerima penghargaan dari Men PANRB atas realisasi Program ETLE Presisi
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menerima penghargaan dari Men PANRB atas realisasi Program ETLE Presisi (dok pribadi)

“Kami sadar, tidak hanya 155 ribu personel Polri yang terlibat dalam upaya mulia ini. Sokongan banyak pihak, juga dari warga masyarakat untuk keberhasilan program ini pun terlihat nyata.Untuk itu kami menyatakan simpati, dukungan dan doa agar semua bisa berjalan baik dan sukses hingga waktu penutupan program,” jelasnya.

Penyekatan arus mudik Lebaran mulai diberlakukan dengan Pos Pengaturan, antara lain, di area Pintu Tol Cikarang Barat.

Kakorlantas Irjen Polisi Drs Istiono MH menjelaskan, pengelolaan manajemen lalu lintas terkait Penyekatan Arus Mudik sangat perlu dilakukan, di samping pihaknya juga melakukan pembagian masker kepada pengendara. "Intinya kami ingin mencegah sebaran Covid-19 yang berpotensi membangun adanya klaster Mudik," ujar Istiono.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved